Tanda Tanda Kanker Getah Bening Stadium Awal

Inilah 10 Tanda Tanda Kanker Getah Bening Stadium Awal

Diposting pada

Kanker kelenjar getah bening merupakan kanker yang menyerang sel sel darah putih pada jaringan limfatik dan akan mengalami pertumbuhan secara abnormal dan tak terkendali.

Pada tahap stadium awal penyakit, tanda tanda kanker kelenjar getah bening dapat diliat dari adanya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperi di sekitaran leher, lipatan ketiak, selan9kangan, amandel dan lainnya. Selain itu, gejala lainnya meliputi:

1. Sering mengalami demam tinggi dan berkeringat dingin

Ketika jaringan kelenjar getah bening mengalami infeksi, tubuh akan merespon dengan cara meningkatkan suhu tubuh sebagai bentuk pertahanan diri yang akan menimbulkan gejala demam tinggi diserta menggigil.

Gejala ini biasanya akan terjadi pada puncaknya di waktu malam hari disertai keringat dingin.

2. Mengalami radang tenggorokan tak kunjung sembuh

Kanker kelenjar getah bening juga dapat mempengaruhi kelenjar timus yang terletak diantara tulang paru paru dan tulang dada berdekatan dengan jantung.

Ketika dilakukan pengecekan dengan cara sedikit di tekan pada tulang dada bagian depan, maka si penderita akan mengalami rasa nyeri.

Selain itu, kondisi tersebut juga akan berdampak pada si penderita sering mengalami radang tenggorokan seperti mengalami batuk berkepanjangan, flu dan sensasi rasa gatal serta seperti ada lendir yang menempel di dalam tenggorokan.

Parahnya lagi, terkadang radang tengorokan akan diserta bercak bercak putih disekitaran tenggorakan dan lidah.

3. Kelenjar getah bening mengalami pembengkakan

Salah satu tanda tanda kanker kelenjar getah bening yang paling mudah dikenali yakni munculnya pembengkakan berupa benjolan pada jaringan kelenjar getah bening.

Biasanya, pembengkakan ini dapat terjadi pada bagian anggota tubuh tertentu saja seperti di ketiak, bagian kanan dan kiri leher, bagian belakang leher, di bawah telinga, di atas telinga dan pangkal paha.

Pada mulanya, benjolan tersebut kemunculannya hampir mirip dengan jerawat batu. Namun, lama ke lamaan akan semakin membesar, memerah, terlihat berkilau, terasa lunak dan tidak sakit.

Pada umumnya, benjolan yang timbul hanya terdiri dari 1 benjolan.

Namun, dalam kondisi lainnya atau ketika si penderita sudah memasuki stadium 2 kanker maka kemunculan benjolan biasanya akan meluas ke jaringan sekitar terutama pada leher dan ketiak.

4. Sering merasakan kelelahan

Pada umumnya, setiap gejala kanker memberikan tanda tanda serupa yakni kelelahan fisik. Rasa ini dapat muncul secara tiba tiba tanpa sebab.

Tingkat kelelahan si penderita pun tergantung pada tingkatan stadium penyakit. Bisa ringan, dibawa istirahat dengan cara tidur, maka kelelahan sudah hilang.

Namun, kondisi lelah dapat terjadi sepanjang waktu walaupun sudah cukup waktu istirahat dan tidak melalukan aktivitas berat sedikitpun.

5. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan merupakan salah satu indikator atau sebagai tanda adanya sel kanker di dalam tubuh. Terlebih, berat badan turun secara signifikan dalam waktu 3 – 6 bulan belakangan.

Menurunnya berat badan disebabkan oleh aktivitas tubuh lebih banyak membakar sumber energi untuk melawan sel sel kanker dan disebabkan oleh penyerapan nutrisi oleh sel sel kanker untuk proses pertumbuhan semakin ganas.

6. Sering merasakan kedutan di daerah pembengkakan kelenjar getah bening

Kondisi ini biasanya terjadi pada penderita kanker kelenjar getah bening terutama di bagian leher. Ia akan merasakan kedutan di daerah pembengkakan.

Jika kondisinya sudah cukup serius dan sel kanker tumbuh sangat dekat dengan urat nadi leher. Kedutan tersebut dapat terlihat seperti denyut nadi yang menonjol ke luar dan terlihat jelas denyutan tersebut yang tampak dari permukaan kulit.

7. Mengalami sakit perut

Walaupun gejala berikut ini bukanlah hal pasti, namun ketika kamu mendapatkan petanda perut terasa nyeri dan kurang nyaman, maka hal tersebut patut di waspadai.

Apalagi gejala tersebut seringkali dirasakan. Maka dari itu, jangan mengabaikannya dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam.

Kamu wanita ? wajib mengetahui informasi ini: gejala kanker payudara yang sering diabaikan.

8. Muncul ruam dan rasa gatal pada kulit

Kanker getah bening termasuk dalam katagori kanker darah, hanya saja jenis kanker ini berkembang pada jaringan limfosit. Pada umumnya gejala ini akan muncul ketika si penderita sudah memasuki tahap stadium 2.

Hal ini dikarenakan kadar zat toksik di dalam tubuh telah melebih batas normal sehingga mempengaruhi kualitas darah di dalam tubuh. Akibatnya, akan timbul ruam dan rasa gatal pada kulit.

Petanda ini sangat mirip dengan gangguan penyakit fungsi ginjal.

Maka dari itu, segera lakukan pemeriksaan di laboratorium uji sampel darah untuk mengetahui secara pasti penyebabnya.

9. Sering mengalami pembengkakan amandel

Amandel merupakan salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh. Organ ini juga termasuk ke dalam bagian jaringan limfosit. Di dalamnya terdapat sekumpulan cairan sel sel darah putih.

Terutama bagi mereka yang menderita kanker getah bening di bagian leher, gejala berupa pembengkakan organ amandel akan sering terjadi. Mereka sangat sensitif terhadap makanan dan minuman tertentu.

Seperti hewan laut (cumi, kerang, kepiting dan sebagainya), makanan cepat saji, makanan yang di diamkan semalaman dan sebagainya. Ketika mereka mengkonsumsi makanan tesebut, amandel biasanya akan mengalami pembengkakan.

Ketika kamu menemukan gejala tersebut pada dirimu sendiri, jangan buru buru mengambil langkah tindakan operasi terhadap amandel. Sebaiknya, ketahui terlebih dahulu penyebab pastinya dengan melakukan pengamatan fisik dan uji sampel darah lengkap di laboratorium.

Baca yuk gaes: ciri ciri amandel kambuh.

10. Mengalami sakit kepala

Sakit kepala merupakan gejala umum yang sering dirasakan pada kebanyakan penyakit lainnya. Namun, sakit kepala yang dirasakan oleh penderita getah bening cukup spesifik.

Biasanya rasa sakit ini akan muncul ketika si pasien sedang mengalami demam tinggi. Namun jika tidak sedang demam, gejala yang dirasakan hanya sebatas pusing dan sakit kepala ringan saja.

Nah, itulah beberapa tanda tanda kanker kelenjar getah bening stadium awal pada tubuh yang patut kamu diwaspadai. Jika salah satu atau beberapa gejala di atas telah kamu rasakan dan terlihat secara fisik, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam.

Selanjutnya, mintalah kepada dokter untuk melakukan uji tes darah lengkap.

Ingat, jangan pernah mengabaikan setiap gejalanya. Karena, kanker kelenjar getah bening termasuk dalam katagori penyakit sangat berbahaya dengan tingkat pertumbuhan sel kanker cukup cepat, bahkan sangat cepat untuk kondisi pasien dengan tingkat kekebalan tubuh sangat lemah.

Veranda Listiani
Profile penulis: Selain aktif di bidang kesehatan dengan latar belakang lulusan ilmu kesehatan masyarakat, Veranda Lestari juga aktif di dunia kepenulisan dengan thema kesehatan. Dengan menulis membuat kita mengetahui banyak hal karena disana kita juga aktif dalam membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.