Tanda Tanda Kanker Kulit Melanoma

5 Tanda Tanda Kanker Kulit Melanoma Pada Tubuh

Diposting pada

Gejala awal kanker kulit stadium awal cukup mudah kita kenali. Karena keberadaan penyakit ini dapat terlihat oleh panca indera secara langsung. Selain itu, kita juga dapat mengenali tanda tandanya melalui bau tubuh seseorang. Apabila seseorang memilki bau tubuh seperti aroma bensin pada kulitnya, bisa jadi kemungkinan besar ia mengidap kanker kulit jenis melanoma.

Selain itu, kita juga dapat mengenali ciri ciri lainnya dengan mengetahui perubahan yang terjadi pada bagian kulit. Diantaranya sebagai berikut:

1. Perubahan warna dan bentuk tahi lalat

Kemunculan kanker kulit melanoma dapat ditandai dengan perubahan warna dan bentuk pada permukaan tahi lalat. Gejala lainnya dapat ditandai dengan rasa gatal dan pertumbuhan tahi lalat kian hari semakin membesar. Perubahan warna tahi lalat terkadang tampak mencolok.

Normalnya, tahi lalat hanya terdiri dari satu atau dua warna saja seperti hitam kecoklatan. Namun, ketika tahi lalat tumbuh dengan warna bervariasi sepert hitam, kecoklatan bercampur merah muda dan sebagainya maka bisa jadi ciri ciri tersebut menandakan adanya kanker kulit.

2. Luka tak kunjung sembuh

Keberadaan luka di permukaan kulit tanpa sebab pasti disertai rasa gatal dan panas juga mengindikasikan bahwa adanya pertumbuhan sel abnormal pada jaringan epidermis kulit. Apalagi jika luka tersebut terasa sangat sakit dan cenderung tidak kunjung sembuh. Maka dari itu, ketika gejala ini muncul sebaiknya tidak menganggap remeh dan segera obati.

3. Perubahan warna dan bentuk pada tanda lahir

Pada kasus tertentu, tanda lahir juga dapat menjadi penyebab seseorang terkena melanoma. Hal ini dapat ditandai ketika tanda lahir atau berupa bintik bintik tersebut cenderung mengalami perubahan warna dan bentuk. Maka, kondisi tersebut dapat diartikan sebagai salah satu gejala kanker kulit stadium awal.

4. Munculnya tumor

Paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan kulit dan lambat laun akan menimbulkan pertumbuhan sel sel kulit menjadi ganas dan membentuk tumor. Pada awalnya tumor ini akan tumbuh sangat kecil dengan warna kelabu merah berkilat atau terkadang berwarna kehitaman.

5. Kulit tampak bersisik

Selain terdapat bercak yang muncul secara mendadak, kulit tampak berisik disertai rasa teramat gatal dan panas merupakan indikasi petanda kanker melanoma. Kondisi ini disebabkan oleh adanya kerusakan kulit akibat kemunculan sel kanker. Sehingga, regenerasi sel pergantian kulit baru menjadi terganggu.

Jika ada beberapa tanda tanda kanker melanoma di atas, sebaiknya jangan diabaikan begitu saja dan lakukan segera cek ke dokter untuk memastikannya.

Veranda Listiani
Profile penulis: Selain aktif di bidang kesehatan dengan latar belakang lulusan ilmu kesehatan masyarakat, Veranda Lestari juga aktif di dunia kepenulisan dengan thema kesehatan. Dengan menulis membuat kita mengetahui banyak hal karena disana kita juga aktif dalam membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.