Cara Mudah Cek IMEI Smartphone di Kemenperin

Baru baru ini dalam 1 minggu terakhir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan aturan baru terkait dengan pemblokiran smartphone ilegal melalui validasi International Mobile Equipment Identity atau yang seringkali disebut dengan IMEI.

Rencananya, pemberlakuan aturan baru ini akan mulai resmi diterapkan pada 17 Agustus 2019 tahun ini. Aturan ini sontk membuat para pengguna smartphone di Indonesia merasa sangat kuatir dikarenakan jika IMEI smartphone yang dimiliki mereka tidak terdaftar, maka akan dilakukan pemblokiran.

Smartphone sebenarnya masih dapat digunakan hanya saja fiturnya dibatasi terutama terkait dengan jaringan telekomunikasi.

Seluruh provider telekomunikasi ke depannya akan menerapkan pemblokiran melalui jaringan telekomunikasi jika IMEI smartphone tidak masuk ke dalam daftar Kemenperin. Sehingga, smartphone tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi dan menggunakan koneksi internet.

Tujuan dari pemerintah menerapkan aturan ini tidak lain adalah untuk menjaga iklim perindustrian khususnya smartphone dan mencegah barang ilegal masuk ke Indonesia.

Maka dari itu, mulai saat ini jika kamu hendak membeli smartphone baru atau saat ini kamu selaku pengguna smartphone disarankan untuk melakukan pengecekan IMEI di Kemenperin guna menghindari pemblokiran tersebut.

Bagaimana caranya ?

Berikut ini langkah langkah dan cara mengecek IMEI di Kemenperin dengan mudah:

  1. Langkah pertama, kamu harus mengetahui terlebih dahulu no. IMEI smartphone yang kamu gunakan. Biasanya no. IMEI terdapat pada kotak kemasan smartphone atau di balik baterai. Kamu juga dapat mengeceknya secara langsung dengan menekan *#06#
  2. Setelah dilakukan pengecekan, catat nomor IMEI tersebut
  3. Kunjungi situs https://www.kemenperin.go.id/imei
  4. Input IMEI smartphone yang telah kamu catat tadi, kemudian tekan tombol SIMPAN di bawah kata IMEI
  5. Selanjutnya, sistem akan menampilkan pesan ILEGAL dan LEGAL.
  6. Jika smartphone yang kamu gunakan terdaftar, maka akan ditampilkan data berupa merk, tipe ponsel, nama perusahaan yang membuatnya dan sebagainya

Jika kamu tidak dapat mengakses alamat situs Kemenperin pada tautan di atas, kemungkinan saat ini situs Kemenperin sedang down. Cobalah untuk mengaksesnya dilain waktu.

Bagaimana jika smartphone yang saya gunakan ternyata ilegal ?

Ada beberapa alasan jika smartphone kamu dinyatakan ILEGAL. Pertama, pihak produsen belum mendaftarkan produknya ke Kemenperin. Kedua, smartphone kamu memang benar benar ilegal.

Jika alasannya pertama, maka kamu dapat mengajukan claim atas masalah ini kepada produsen smartphone terkait dengan cara mengunjungi counter di tempat pertama kamu membeli produk smartphone tersebut dengan membawa bukti pembelian resmi.

Namun, jika kamu mendapatkan melalui jalur ilegal, gunakan saja LEMBIRU artinya lempar dan beli baru. Semoga bermanfaat ya,

Tinggalkan komentar