Tips Lulus CPNS

7 Tips Lulus Seleksi CPNS 2019/2020 Tes SKD Dengan Nilai Tinggi

Diposting pada

Perlu kamu ketahui bahwa dalam proses penyeleksian penerimaaan CPNS, setiap peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi berkas administrasi wajib mengikuti ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) jika peserta tersebut berkeinginan menjadi seorang CPNS.

Pada ujian TKD atau Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), peserta akan dihadapkan oleh 3 jenis tes berbasis Computer Assisted Test (CAT). Diantaranya meliputi:

  1. Tes karasteristik Pribadi (TKP)
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU)
  3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Dalam ujian sistem CAT, peserta ujian akan dihadapakan dengan 100 soal dengan durasi waktu pengerjaan selama 90 menit atau 1 jam 30 menit.

Tanpa adanya sebuah persiapan matang dengan tingkat persaingan sangat tinggi antara satu peserta dengan peserta lainnya, maka kami yakin seorang peserta ujian TKD CPNS TIDAK akan lulus.

Maka dari itu, penting sekali untuk mempersiapkan diri.

Beberapa tips lulus seleksi CPNS berikut ini mungkin akan memberikan semangat kepadamu untuk menghadapi ujian TKD mendatang. Diantaranya:

1. Mengetahui kisi kisi soal tes SKD

Tentunya hal ini wajib di ketahui agar seorang peserta CPNS dapat fokus mempelajari soal soal yang akan keluar nantinya. Secara resmi ketika ada informasi penerimaan CPNS, beberapa bulan sebelum tes dilaksanakan, BKN akan mengeluarkan draf kisi kisi yang dapat di unduh di situs BKN.

Hal ini agar peserta CPNS dapat fokus mempelajari kisi kisi tersebut dan tidak mempelajari materi di luar kisi kisi yang telah diberikan karena hal itu akan membuang buang waktu.

2. Mengetahui skor passing grade kelulusan

Hal ini bertujuan agar peserta CPNS memiliki gambaran tentang nilai kelulusan yang harus di capai per sub sub tes. Misalnya saja, ada 3 jenis materi tes SKD yang akan diberikan nantinya. Terdiri dari tes TKP, TIU dan TWK.

Dari masing masing tes tersebut, tentu saja passing gradenya berbeda beda. Ketika sudah mengetahuinya, tentu saja peserta harus lebih termotivasi untuk mencapai nilai tersebut dengan cara banyak mempelajari soal soal sesuai kisi kisi.

3. Mengetahui jumlah soal benar yang harus dijawab

Mungkin anggapan kamu, hal ini tidak begitu penting. Simple nya, cukup jawab soal benar sebanyak banyaknya sudah pasti lulus.

Pemikiran kamu tidak ada salahnya.

Namun, setidaknya ketika kita mengetahui jumlah soal benar yang harus di jawab maka kita akan memiliki gambaran pada tes mana yang akan kita prioritaskan dalam hal belajar.

Jika kita merasa bahwa tes TIU atau TKW adalah tes yang tersulit dibandingkan tes TKP maka porsi belajar yang harus kita lakukan tentunya lebih banyak membaca soal soal terkait dengan tes tersebut. Dengan begitu angka passing grade setiap tes dapat tercapai.

4. Secara rutin wajib mempelajari materi tes

Cara agar lulus CPNS tentu saja harus banyak mempelajari materi berupa soal yang di ujiankan. Tanpa adanya belajar, mustahil seseorang dapat lulus seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), apalagi lulus passing grade itu tidaklah mungkin terjadi.

Ingat, fokus saja mempelajari soal soal sesuai kisi kisi. Jangan merembet kemana – mana.

Nah, jika kamu ingin melakukan simulasi CAT CPNS online dengan materi soal soal terupdate sesuai kisi kisi, kunjungi saja tautan ini: s.id/catcpns2019.

Dengannya, kamu juga dapat melakukan simulasi CAT di smartphone android.

5. Kerjakan soal dengan tenang

Ga perlu gemeteran ataupun takut menghadapi ujian tes SKD mendatang. Tetap tenang dan fokus pada tujuan sobat yakni mengikuti tes dan yakin bahwa kamu akan mampu menjawab soal tersebut.

Tidak perlu terburu buru dalam mengerjakan soal nantinya dan tidak terburu buru memulai ujian CAT nya. Karena ketika sobat, mengklik mulai maka secara otomatis waktu ujian akan berjalan. Waktu ujian bukan berdasarkan jam diding atau jam di panitia, tetapi waktu ujian berdasarkan jam yang ada di komputer peserta masing masing.

Sebelum memulai ujian, jangan lupa untuk berdo’a dengan meminta permohonan kepada Tuhan agar kamu dimudahkan dalam mengerjakan soal ujian TKD tersebut.

6. Jawab soal paling mudah terlebih dahulu

Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari kamu kehabisan waktu. Soal soal yang diberikan nantinya terdiri dari soal katagori mudah, sedang, sulit dan sangat sulit.

Pada umumnya soal katagori mudah dan sedang ada di ujian tes TKP. Sedangkan pada materi tes TIU dan TWK, katagori soalnya bervariasi antara mudah hingga sangat sulit.

Maka dari itu, dianjurkan untuk mengerjakan soal TKP terlebih dahulu.

Tips lulus CPNS berikutnya adalah kerjakan 1 soal tidak lebih dari 54 detik.

Hal itu dikarenakan waktunya 90 menit. Jika kamu mengerjakan 1 soal lebih dari 54, maka dipastikan kamu kehabisan waktu.

Langkahi saja jika kamu menemukan soal yang sulit untuk dijawab. Selesaikan soal termudah dahulu.

Gunakan sisa waktu untuk menjawab soal yang belum dijawab atau untuk mengkoreksi jawaban kamu sebelumnya.

7. Jangan lupa berdo’a

Segala usaha sudah kamu lakukan, mulai dari mempelajari kisi kisi, mengikuti tes simulasi, hingga melaksanakan ujian. Itu adalah segala bentuk usaha yang telah kamu lakukan.

Yuk lihat juga video penjelasannya di bawah ini:

Jangan lupa sertai dengan do’a. Kamu dapat meminta dukungan kepada orang tua dan tak lupa memohon kepada Tuhan agar kamu mendapatkan hasil terbaik.

Nah, itulah beberapa tips lulus seleksi CPNS yang dapat diikuti oleh semua peserta CPNS di tahun ini. Semoga kamu mendapatkan nilai terbaik dengan angka passing grade sangat memuaskan. Amin…

Redaksi Aogla Media
Aoglamedia merupakan media informasi, inspirasi dan motivasi berasal darI Bangka Belitung yang memiliki komitmen untuk menyajikan konten berkualitas dan kredible kepada publik dengan harapan menjadi media teroke (aogla).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.