Terlanjur Salah Pilih Jurusan Kuliah

Terlanjur Salah Pilih Jurusan Kuliah, Lakukan 6 Hal Berikut

Diposting pada

Stres dan depresi akibat salah memilih jurusan kuliah bukanlah sesuatu hal yang baru dikalangan mahasiswa hingga saat ini. Bahkan, seorang mahasiswa/i baru menyadari bahwa dirinya tidak cocok jika kuliah di jurusan yang terlanjur ia pilih ketika berada di semester 2 hingga 4.

Kenapa ya aku dulu ngambil jurusan ini, coba aja ngambil jurusan itu, pasti lebih mudah“. Ungkapan rasa kecewa seringkali di tanyakan oleh dirinya sendiri hingga pada akhirnya mengalami stres dan depresi berlebihan yang berakibat pada prestasi akademik menurun drastis.

Bahkan tak jarang dari banyak mahasiswa/i terjerumus ke dalam pergaulan bebas karena merasa dirinya sudah salah langkah dalam menjalani hidup.

Berhenti kuliah karena salah jurusan sepertinya bukanlah pilihan tepat apalagi jika pindah jurusan yang hanya akan menambah biaya seabrek.

Cara mengatasi salah jurusan kuliah

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan jika dirasa kurang cocok dengan jurusan kuliah yang diambil saat ini. Tak perlu berhenti kuliah ataupun pindah jurusan, ikuti saja beberapa tips di bawah ini:

1. Tetaplah optimis, tidak ada yang sia – sia

Yakinlah bahwa tak ada yang sia – sia dengan apa yang Kamu lakukan saat ini. Terlepas dari dorongan orang tua atau karena atas kesalahan pilihan sendiri dalam memilih jurusan kuliah selanjutnya jadikan pilihan mu saat ini sebagai keahlian pendukung atau tambahan yang akan kamu miliki kedepannya.

2. Kembangkan bakat dan minat, namun jangan kesampingkan kuliah

Hanya karena depresi salah jurusan jangan sampai Kamu melupakan kewajiban sebagai seorang mahasiswa seperti mengikuti kegiatan belajar di Kampus, belajar agar IPK tidak ancur – ancuran, mengerjakan tugas yang diberikan dosen dengan serius dan sebagainya.

Ketahuilah bahwa salah pilih jurusan kuliah bukan akhir dari masa depan mu tapi awal keberhasilan yang harus Kamu lewati.

Tak perlu menyalahkan diri sendiri apalagi disebabkan oleh dorongan orang tua atas pilihan mu di masa lalu. Hal yang perlu Kamu lakukan sekarang adalah jalani saja keduanya antara minat dan bakat serta kuliah secara bersamaan.

Managemen waktu sangat dituntut jika ingin melakukannya. Jika Kamu berhasil melewati itu, kedepannya Kami yakin bahwa Kamu akan menjadi orang sukses dan pribadi yang profesional menghadapi tantangan apapun.

3. Adakan kegiatan belajar kelompok bersama teman

Merasa diri salah memilih jurusan kuliah bisa jadi disebabkan karena materi kuliah yang diberikan oleh dosen di Kampus sulit dicerna. Akibatnya menjadi malas belajar dan ogah – ogahan.

Jika itu permasalannya itu, coba adakan kegiatan belajar bersama dengan teman – teman sekelas. Dengan begitu, Kamu akan terbantu untuk memahami materi perkuliahan dengan lebih mudah, apalagi dengan adanya kehadiran si Doi tentunya akan menambah semangat belajar mu.

4. Asah bakat dengan bekerja secara online

Merasa bakat tidak tersalurkan sepenuhnya dikarenakan salah jurusan dapat di atasi dengan mencari pekerjaan freelance di beberapa situs online seperti projects.co.id, freelancer.com dan sebagainya.

Hanya saja diperlukan kepintaran untuk melakukan managemen waktu sebaik mungkin. Jangan sampai kegiatan perkuliahan sampai terganggu.

Selain mendapatkan keuntungan dengan memperoleh pendapatan dari karya sendiri, bekerja secara online selama kuliah juga akan membentuk Kamu menjadi pribadi yang lebih profesional.

5. Ambil kelas kursus sesuai minat dan bakat

Pindah jurusan bukanlah ide terbaik jika Kamu telah menyadari salah mengambil jurusan ketika saat ini sudah duduk di bangku perkuliahan pada semester 2, 3 atau 4.

Jika Kamu lakukan, yang ada masa depan mu akan berantakan. Uang habis begitu juga dengan banyak waktu yang akan Kamu lewatkan.

Jika jadwal kegiatan kuliah di Kampus tak begitu padat, solusinya coba untuk mengikuti kelas kursus yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tertentu berdasakarkan minat dan bakat yang ada pada dirimu.

Namun saran dari Kami, ambillah kelas kursus yang masih ada kaitannya atau dapat dijadkan sebagai penunjang dengan pilihan kuliah mu saat ini. Agar di masa mendatang, Kamu memiliki 2 keahlian sekaligus yang dapat digunakan untuk masuk ke dunia kerja.

6. Menjalankan bisnis kecil – kecilan

Jenuh selama menjalani proses perkuliahan dapat di atasi dengan menjalankan usaha kecil – kecilan untuk seorang Mahasiswa. Asalkan tidak menggangu kegiatan kuliah, kenapa tidak ? Banyak mahasiswa yang melakukan ini dan menjadi menjadi penyemangat untuk mengikuti kegiatan perkuliahan secara normal, apalagi ditemani si Doi.

Kesimpulan, kesalahan yang dilakukan di masa lalu disebabkan salah milih jurusan kuliah bukan akhir dari masa depan. Namun modal awal untuk menjalani kehidupan di masa mendatang. Anggap saja hal itu sebagai bonus yang diberikan oleh Tuhan. Memiliki 2 keahlian sekaligus bukankah itu jauh lebih baik ?.

Aoglamedia merupakan media informasi, inspirasi dan motivasi berasal darI Bangka Belitung yang memiliki komitmen untuk menyajikan konten berkualitas dan kredible kepada publik dengan harapan menjadi media teroke (aogla).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.