Manfaat Belajar Bahasa Inggris

12 Manfaat Mempelajari Bahasa Inggris Di Era Globalisasi

Diposting pada

Telah menjadi rahasia umum bahwa bahasa inggris wajib di kuasai oleh sebagian besar orang. Pasalnya, di era modernisasi saat ini banyak hal yang membuat kita mau tidak mau harus menguasainya.

Sebagai contoh saat ini banyak perangkat elektronik menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa baku yang tertulis pada buku panduan. Dengan kata lain, ketika kita memahami bahasa inggris dengan baik tentu saja kita dapat memahami buku panduan dari sebuah perankat elektronik tersebut.

Selain itu, kemampuan berbahasa inggris yang baik di era globalisasi saat ini akan mempermudah kita berkomunikasi dengan orang lain seperti turis manca negara. Dan masih banyak manfaat lainnya yang kami rangkum di bawah ini:

1. Menambah Pengetahuan

Mengetahui beragam bahasa tentu saja akan sangat membantu kita dalam memperoleh banyak pengetahuan. Karena kita dapat membaca buku, membuka situs pengetahuan dan lainnya dalam bahasa inggris. Berkomunikasi dengan turis manca negara menggunakan bahasa inggris juga dapat menambah pengetahuan kita.

2. Memudahkan Berkomunikasi Dengan Orang Asing

Sebagai mahluk sosial kita hidup dengan berbagai macam orang bukan hanya dari negara sendiri tetapi tidak menutup kemungkinan kita dapat berkomunikasi dari berbagai macam negara.

Bahasa Inggris ialah bahasa universal. Maka bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan oleh orang-orang dari berbagai dunia, untuk itu bahasa inggris sangat penting peranannya dalam mempelancar proses berkomunikasi dengan orang asing.

3. Membuat Percaya Diri

Manfaat mempelajari bahasa Inggris di era globalisasi yaitu tentang kepercayaan diri. Pada hakikatnya seorang manusia memiliki sisi minder atau tidak percaya diri.

Mengapa kami sisipkan poin dapat membuat percaya diri tujuannya yaitu diharapkan dapat sedikit mengatasi masalah dari minder tersebut, menguasai bahasa Inggris menjadi hal positif dan salah satu elemen untuk meningkatkan rasa percaya diri karena dengan kita berinteraksi dengan orang lain dengan bahasa inggris kita semakin dihargai orang lain dan tidak dipandang sebelah mata.

4. Melatih Rasionalitas

Mungkin kita menganggap bahwa hal ini aneh. Mengapa belajar bahasa inggris bersifat rasional? Pada kenyataannya, salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi ini adalah membuat kita dapat bersikap rasional.

Kenapa ?

Karena, bagi mereka dengan kemampuan dalam dua bahasa membuat otaknya dapat memproses masalah apa saja yang mendera. Kemudian dia dapat mengambil keputusan dalam menyelesaikan suatu permasalahan tersebut tidak menggunakan emosi semata.

Seseorang yang menguasai dua bahasa secara langsung membuat logika mereka terasah dan bisa mengambil keputusan yang nantinya berdampak positif di masa mendatang.

5. Dapat Menjadi Mentor atau Tenaga Pengajar

Belajar bahasa inggris di era globalisasi akan memberikan banyak kemudahan bagi kamu di masa sekarang dan mendatang. Salah satunya, kamud aapt menjadi seorang mentor atau tenaga pengajar di sebuah lembaga pendidikan, sekolah dan sebagainya. Tentunya dapat menghasilkan uang.

6. Pendidikan Akademis

Jika seseorang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, baik S1 ataupun S3 di perguruan tinggi ada beberapa syarat harus dipenuhi calon mahasiswa yaitu memiliki kemampuan bahasa Inggris cukup baik. Inilah sebabnya kenapa pentingnya bahasa inggris dalam dunia pendidikan.

7. Bekerja Sebagai Translator

Seseorang dengan kemapuan bahasa inggris sangat baik dapat berkerja sebagai translator. Memiliki pekerjaan sebagai translator adalah suatu pekerjaan yang dituntut untuk menguasai berbagai bahasa, minimal kita mengetahui bahasa inggris karena bahasa inggris adalah bahasa universal yang digunakan di dunia.

8. Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Sebagai mahluk sosial manusia seharusnya bisa beradaptasi dengan murah dari berbagai macam lingkungan. Lalu apa hubungannya dengan bahasa inggris?

Misalnya dalam dunia kerja, kita akan lebih mudah beradaptasi dengan karyawan asing dan bisa jadi kamu akan ditempati pada posisi cukup strategis disebuah perusahaan ternama.

9. Dapat Bekerja di Mana Saja

Saat ini banyak perusahaan perusahaan lebih memprioritaskan calon pegawai mereka memiliki kemampuan bebahasa inggris dengan baik. Jika kamu menguasainya, kamu akan lebih mudah masuk ke perusahaan tersebut.

Selain itu, kamu dapat berkerja di hotel, menjadi seorang pemandu wisata turis asing dan sebagainya.

10. Mengetahui Teknologi

Keuntungan dalam menguasai bahasa Inggris, mengetahui teknologi mengenai bagaimana cara mengoperasikan suatu teknologi seperti komputer, smartphone, internet, software dan juga teknologi-teknologi lainnya. Biasanya dalam pengoperasiannya menggunakan bahasa inggris sehingga jika kita tidak mengetahui bahasa inggis yang baik pengopersiannya tidak dapat berjalan dengan baik.

11. Meningkatkan Daya Konsentrasi

Dapat meningkatkan daya konsentrasi seseorang. Dalam hal ini dapat didasari untuk mereka yang pandai dalam berbahasa Inggris membuat mereka menjadi lebih fokus untuk mendengar kalimat-kalimat yang diucapkan.

Semakin mereka berkonsentrasi dalam mendengarkan kalimat-kalimat tersebut, maka secara otomatis kualitas konsentrasi mereka akan berkembang dan meningkat.

12. Beasiswa di Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa mungkin suatu hal yang didambakan untuk setiap pelajar atau mahasiswa karena selain dapat sekolah secara gratis mendapatkan beasiswa, apalagi beasiswanya dari luar negeri dapat sedikit meringankan beban orang tua.

Jadi, untuk kalian jika memiliki niat untuk mendapatkan beasiswa dari luar negeri, maka mulai dari sekarang mulai pelajari bahasa Inggris secara sungguh-sungguh.

Demikian paparan singkat mengenai pentingnya belajar bahasa inggris di era globalisasi saat ini. Jika kamu belum memahaminya dengan baik, mulai dari sekarang belajarlah secara bersungguh dan kamu akan mendapatkan banyak kemudahan di masa mendatang.

Aoglamedia merupakan media informasi, inspirasi dan motivasi berasal darI Bangka Belitung yang memiliki komitmen untuk menyajikan konten berkualitas dan kredible kepada publik dengan harapan menjadi media teroke (aogla).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.