Pekerjaan Lulusan SMA

Ini Dia, 9 Pekerjaan Lulusan Sma Gaji Tinggi di Masa Depan

Diposting pada

Ada banyak lulusan SMA terkadang mengalami kebingungan ketika berhadapan dengan dua pilihan. Melanjutkan pendidikan atau memasuki dunia kerja. Bagi mereka dengan kondisi terkendala biaya, bekerja merupakan pilihan terbaik daripada tidak melakukan apapun demi mendapatkan kualitas hidup yang layak di masa depan.

Namun terkadang dari mereka merasa kuatir akan masa depannya karena sebagian besar pekerjaan yang ada dianggap tidak menjanjikan dan tidak memberikan jaminan kualitas hidup yang lebih baik.

Tenang saja, masih ada kok beberapa daftar pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA dengan gaji tinggi menjamin masa depan dan memiliki jenjang karir yang pasti. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Polisi

Jika kamu memiliki cita cita untuk menjadi seorang polisi namun tak ada biaya untuk melanjutkan pendidikan ke akademi kepolisian, maka tak perlu kuatir. Karena seorang lulusan SMA IPA maupun IPS dan lainnya dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti proses penyeleksian, dengan catatan semua persyaratan harus terpenuhi seperti sehat jasmani dan rohani, memiliki tinggi badan dan berat tubuh ideal dan sebagainya.

Bicara soal gaji polisi tergantung dari masa kinerja dan pangkat jabatan mu saat ini. Untuk masa kinerja 0 – 28 bulan ada dikisaran 1,7 juta hingga 3 jutaan rupiah perbulan belum ditambah tunjangan lainnya.

2. Pramugari

Pekerjaan lulusan SMA yang satu ini sangat cocok untuk wanita yakni menjadi seorang pramugari. Ingin mendapatkan gaji tinggi, kejelasan jenjang karir, mendapatkan fasilitas jalan jalan gratis, maka ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk bekerja sebagai pramugari.

Gajinya seorang lulusan SMA sebagai pramugari juga lumayan antara 4,5 juta hingga 10 juta rupiah per bulan.

Jika berminat, kamu dapat mendaftarkan diri ke beberapa maskapai penerbangan di Indonesia dengan membawa beberapa persyaratan seperti surat keterangan sehat, surat bebas penggunaan obat obatan terlarang, surat pernyataan kesanggupan dan sebagainya.

Jika lulus seleksi, maka dalam waktu beberapa bulan kamu akan menjalani masa traning hingga pada akhirnya bekerja di maskapai penerbangan.

3. Operator produksi

Bekerja sebagai operator produksi juga lumayan gajinya, rata rata mengikuti UMR pemerintah setempat. Tentunya, UMR ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian atau untuk digunakan keperluan mengumpul tabungan menikah nantinya.

Hanya saja untuk menjadi seorang operator produksi kebanyakan perusahaan mengedepankan mereka yang lulus dari SMK atau mereka dengan kemampuan dibidang tertentu seperti mengoperasikan mesin produksi dan sebagainya.

Jika tertarik, kirimkan saja lamaran pekerjaan mu ke perusahaan atau pabrik di daerah tempat tinggalmu atau di luar daerah.

4. Karyawan perusahaan BUMN dan swasta

Ada banyak sekali perusahaan BUMN dan swasta yang sedang membutuhkan tenaga terampil dari lulusan SMA/SMK. Walaupun peluang ini terbuka lebar, hanya saja kamu harus bersaing dengan ribuan lulusan SMA lainnya yang menginginkan posisi serupa denganmu.

Itu artinya kamu harus mampu bersaing dalam proses penyeleksian.

Bicara soal perusahaan mana saja yang menerima karyawan lulusan SMA, kamu dapat mencoba melamar kerja ke perusahaan penerbangan, PT KAI, PT Timah, PT Angkasa Pura dan masih banyak lagi lainnya.

Gajinya juga lumayan berada dikisaran 2,5 juta – 5 juta rupiah. Sebelum diterima sebagai karyawan, tentu saja kamu harus bersaing dengan pelamar lainnya dengan beragam persyaratan yang harus dipenuhi.

5. ABK Kapal

Pekerjaan lulusan SMA ini sangat membutuhkan kekuatan fisik dan juga mental. Alasan utamanya karena pekerjaan ini tentu saja cukup menghabiskan tenaga ekstra dan kamu harus siap mental berada di lautan dalam waktu hitungan hari atau bulan

Adapun beberapa pekerjaan yang dapat kamu lamar yakni sebagai tanaga teknisi, juru masak, juru listrik, steaward, janitor dan sebagainya. Jika tertarik, kamu dapat mengirimkan lamaran di perusahaan transportasi laut, kapal pesiar pribadi milik seseorang dan sebagainya.

Jika ditanya soal gajinya sangatlah variatif. Tinggi tidaknya tergantung dimana tempatnya kamu bekerja. Jika bekerja diperusahaan besar tentu gaji standarnya mengikuti UMR atau lebih dari itu.

6. Teknisi listrik

Jika kamu seorang lulusan SMK jurusan listrik dan ingin mendapatkan gaji besar maka bekerja sebagai teknisi listrik di perusahaan listrik negara atau swasta dapat kamu jalani. Gajinya berkisar di antara 4 juta rupiah hingga 6 juta rupiah tergantung dengan tanggung jawab, tempat bekerja dan masa kinerja.

Hanya saja, pekerjaan ini sangat beresiko. Jika tidak memiliki keberanian mental sebaiknya mencari alternatif pekerjaan lainnya.

Namun kamu tak perlu kuatir, sebelum bekerja ada serangkaian masa pelatihan yang wajib kamu lalui selama beberapa bulan untuk mempelajari seluk beluk kelistrikan, peninjauan lokasi kerja dan sebagainya.

7. TNI

Untuk menjadi seorang TNI tak harus membutuhkan jenjang pendidikan tinggi S1, S2 atau selain itu. Syarat utamanya yakni cinta tanah air, memiliki fisik yang prima, sehat jasmani dan rohani, tidak terlibat penyalahgunaan obat obatan terlarang dan sebagainya.

Hanya saja sebelum kamu menjadi seorang anggota TNI, ada serangkaian tes teramat ketat yang harus kamu jalani. Karena tugas TNI tidak main main yakni membela negara jika sedang dibutuhkan dan ketika itu diminta maka kamu harus siap kapan pun dan dalam kondisi apapun.

8. PNS

Untuk menjadi seorang PNS tak harus membutuhkan gelar Diploma, Sarjana atau di atasnya. Lulusan SMA IPA IPS/SMK juga bisa menjadi seorang PNS. Beberapa instansi pemerintahan seperti kementerian hukum, basarnas, kementerian hukum (kejaksaan agung) dan sebagainya sangat membutuhkan banyak lulusan SMA.

Persyaratannya pun tak banyak seperti persyaratan pada lamaran kerja pada umumnya.

Namun, kamu harus mampu bersaing dengan ribuan pelamar lainnya. Maka dari itu, beragam persiapan harus kamu sediakan sebelum pembukaan formasi dan tes CPNS. Salah satunya dengan mempelajari 11 Contoh Soal Tes CPNS Tentang Deret Aritmetika dan Jawaban.

9. Pengusaha atau berbisnis sendiri

Tak ingin bekerja dengan orang lain, punya ide kreatif, keahlian khusus atau memiliki bakat lainnya, maka tak ada salahnya kamu mencoba dengan membuka usaha sendiri.

Memiliki usaha sendiri tak harus muluk muluk harus tampil wah, di awal kamu dapat membangun bisnis dari nol. Misalnya, ingin punya warung makan bakso. Sembari itu terwujud, kamu dapat berdagang bakso keliling. Ketika mdal terkumpul, maka wujudkan keinginan mu itu.

Atau ingin menjalani bisnis online? kira kira bisnis yang cocok untuk lulusan sma?

Ingin menjadi seorang reseller, dropshipper, content creator, youtuber, blogger, penulis content? atau apalah itu.

Jika punya keinginan dan niat yang kuat, penuh kesungguhan disertai d’oa, maka usaha mu pasti akan dipermudahkan.

Jika masih bingung menentukan bisnis apa yang cocok, ada banyak sekali referensi di situs ini yang dapat kamu baca pada katagori Bisnis atau membaca artikel ini bisnis online yang menguntungkan.

Bicara soal gaji itu semua tergantung dari usaha dan jerih payahmu. Di sini tak ada namanya gaji, yang ada penghasilan. Karena kamu bekerja secara mandiri, ingin penghasilan juataan, belasan juta, puluhan juta atau ratusan itu itu bisa saja asalkan semuanya dijalani dengan kesungguhan dan ilmu.

Sebenenarya masih ada banyak lagi pekerjaan lulusan SMA lainnya yang belum Kami sebutkan seperti menjadi seorang tenaga pengajar, sales marketing, asisten dokter gigi di rumah sakit dan sebagainya. Hanya saja, jika kamu menginginkan gaji tinggi, maka Kami merekomendasikan beberapa pekerjaan lulusan SMA jurusan IPA/IPS di atas.

Bagaimana, apakah referensi pekerjaan di atas cocok untuk mu?

Redaksi Aogla Media
Aoglamedia merupakan media informasi, inspirasi dan motivasi berasal darI Bangka Belitung yang memiliki komitmen untuk menyajikan konten berkualitas dan kredible kepada publik dengan harapan menjadi media teroke (aogla).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.