Peluang Kerja Lulusan Psikologi

Peluang Kerja Lulusan Psikologi S1 Bukan Cuma Jadi Psikolog Lho

Diposting pada

Lulusan sarjana psikologi nanti kerjanya jadi apa ya? Pertanyaan ini seringkali disampaikan oleh seorang calon mahasiswa terutama ketika ia hendak menentukan pilihan jurusan kuliah atau kerapkali dipertanyakan oleh seorang mahasiswa dari jurusan psikologi itu sendiri.

Mungkin saja saat ini kamu sedang mempertanyakan hal itu?

Banyak orang mengira bahwa prospek kerja lulusan psikologi di masa depan hanya menjadi seorang psikolog semata. Anggapan ini terkadang membuat banyak calon mahasiswa/i enggan mengambil jurusan kuliah yang satu ini, karena tidak begitu familiarnya ditambah dengan suramnya masa depan.

Padahal, seorang sarjana psikologi (S.Psi) memiliki peluang kerja sangat terbuka lebar di berbagai lini bidang pendidikan, kesehatan klinis, sosial dan bermasyarakat, organinasi, perindustrian dan kancah politik.

Inilah beberapa diantara prospek kerja psikologi s1 selain jadi psikolog sebagai berikut:

1. Konselor

Banyak perusahaan ternama, organisasi, lembaga swada masyarakat (LSM) atau partai politik sangat membutuhkan keberadaan profesi konselor. Tugas utamanya yakni memberikan konseling atau bimbingan mental kepada peserta atau klien.

Sedangkan jika kamu ditempatkan di sebuah LSM atau organisasi, tugasnya tak jauh beda. Hanya saja ruang lingkup kinerjanya, kamu akan ditempatkan di luar ruangan. Sering bertemu dengan banyak orang untuk memberikan konseling kepada remaja, anak anak ataupun orang tua yang membutuhkan bimbingan pemulihan mental dan sejenisnya.

Bicara soal gaji untuk posisi konselor cukup variatif tergantung ruang lingkup pekerjaan, namun berada di kisaran 3 juta – 7 juta rupiah per bulannya.

2. Guru bimbingan konseling / PNS

Terutama Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) dan sederajat sangat membutuhkan guru bimbingan konseling. Pada umumnya profesi ini hanya akan ditempati oleh seorang lulusan dari jurusan Bimbingan Konseling (BK) saja.

Namun, seorang lulusan dari jurusan psikologi juga dapat menempati profesi tersebut.

Tugas utama dari Guru BK adalah menangani setiap permasalahan yang dihadapi oleh siswa/i berupa kenakalan, prilaku siswa/i, perkembangan peserta didik dan sebagainya.

Untuk gaji, profesi Guru BK jika telah diangkat sebagai PNS berada di kisaran 2,5 juta hingga 4 juta rupiah per bulannya. Tergantung dari masa kerja dan UMR pemerintah setempat.

3. Dosen psikologi

Menjadi seorang dosen juga bisa. Hanya saja peluang sarjana S1 untuk menjadi seorang dosen psikologi sangat kecil. Solusinya, kamu harus menempuh studi terlebih dahulu untuk mendapatkan gelar Magister Psikologi (S2), barulah kamu dapat mengajar di berbagai universitas fakultas psikologi.

Untuk gaji seorang dosen psikologi tergantung dari UMR pemerintah setempat atau kebijakan di setiap Universitas. Sebagian besar menerapkan sistem gaji berdasarkan UMR ditambahkan masa kerja dan jumlah jam ajar. Rata rata berada di kisaran 4 juta hingga 7 juta rupiah per bulannya belum termasuk insentif lainnya.

4. Human Resources Development (HRD)

Enaknya lulusan psikologi dapat menempati posisi stategis di sebuah perusahaan, instansi pemerintahan atau lembaga negara lainnya. Kamu dapat menjadi seorang Human Resources Development (HRD).

Posisi ini turut andil dalam proses pengrekrutan karyawan baru.

Jika kamu pernah diwawancarai kerja, nantinya giliranmu yang akan mewawancarai kerja orang lain.

Seru bukan?

Tidak hanya itu saja tugasnya, masih ada lagi lainnya. Hal itu tergantung dari posisi mu saat ini. Setidaknya ada 4 bidang pekerjaan HRD yang dapat dipilih. Diantaranya sebagai berikut:

  • Training and Development (TD), tugas utamanya turut andil dalam memberikan training program pengembangan karyawan dan pembentukan standar kompetensi terhadap semua karyawan
  • HR Operation, bertanggung jawab atas segala hal tentang sikap dan prilaku karyawan mengenai kehadiran, klaim pengobatan dan sebagainya
  • Human Recruitment bertugas dalam proses penyeleksian karyawan baru dimulai dari proses tes psikologi, interview hingga ke tahap penerimaan atau pengangkatan karyawan
  • Organization Development, bertanggung jawab penuh atas pengembangan diri kader pengurus dan anggota di tubuh organisasi dan pengembangan organisasi
  • Compensation and Benefit, turut andil dalam pembentukan sistem penggajian karyawan, bonus tertentu dan sebagainya dengan menerapkan sistem pencapaian prestasi, perbaikan kinerja karyawan, kesalahan yang sering dilakukan dan sebagainya.

Jika ditanya soal gaji lulusan psikologi bidang HRD berada di kisaran 3,5 juta hingga 6 juta rupiah per bulannya.

5. Psikologi forensik

Ahli forensik biasanya dikaitkan dengan profesi dalam cabang ilmu kedokteran. Namun, istilah psikologi forensik juga ada lho..

Jika kamu kuliah nantinya, diakhir semester atau memasuki semester 5 – 7 akan ada pemilihan program peminatan. Khususnya psikologi forensik termasuk dalam cabang ilmu psikologi klinis.

Untuk profesi ini secara khusus akan ditempatkan di wilayah hukum terutama untuk menangani masalah penyelidikan kasus seperti tindakan kriminal utnuk menganalisa karakter diri dari seorang saksi, tersangka atau terdakwa.

Kamu tentu masih ingat dengan kasus kopi bersianida?

Nah, dalam kasus tersebut dihadirkan seorang pakar/ahli dari psikologi forensik.

Gaji untuk profesi ini tergolong tinggi lho, berkisar antara 4 jutaan rupiah per bulan. Namun, jika kamu sedang dilibatkan dalam menyelesaikan suatu kasus hukum, gaji seorang psikologi forensik dapat mencapai belasan juta rupiah untuk per kasus hukum.

6. Staf ahli

Terutama mereka yang menjabat sebagai publik figur, ntah itu sebagai presiden, pemimpin perusahaan, Gurbernur, Bupati, Walikota, Pimpinan organisasi dan sebagainya tentu saja sangat membutuhkan seorang ahli psikologi.

Ahli psikologi dalam hal ini akan ditempatkan sebagai tim penilai. Untuk menilai setiap gerak tubuh, bahasa tubuh, pemilihan kata kata, nada dan intonasi apa yang disampaikan oleh publik figur tersebut dan lain sebagainya.

Mengapa ini sangat penting diperhatikan?

Seorang publik figur tentu saja sangat memperhatikan “citra” positif di depan orang banyak. Jangan hanya karena sikap atau gesture tubuh yang tidak elok di lihat, semua itu akan memberikan persepsi/cara pandang buruk terhadap publik figur tersebut.

Mengenai soal gaji untuk posisi ini sangat variatif tergantung di mana kamu bekerja. Pada umumnya mengikuti UMR di setiap daerah atau setara dengan 3,5 juta hingga 6 juta rupiah per bulannya. Jika ditempatkan pada posisi strategis, tentu saja gajinya akan jauh lebih tinggi dari itu.

7. Research and Development (RD)

Tak banyak orang yang mengetahui profesi ini, padahal lulusan psikologi sebagai Research and Development sangat menjanjikan di masa depan mengingat perkembangan teknologi kian hari semakin berkembang pesat.

Jika kamu ingin bekerja sebagai, maka syarat utamanya yakni kamu harus mengambil peminatan psikologi industri untuk S1. Kemudian menempuh studi magister psikologi industri (S2).

Dimana kamu akan bekerja?

Di sebuah perusahaan teknologi mana saja seperti Samsung, Advan, Apple, Asus, traveloka, perusahaan telekomunikasi dan masih banyak lainnya.

Tugas utama dari seorang Research and Development adalah melakukan sebuah penelitian dan pengembangan produk terkait dengan prilaku konsumen dengan tujuan untuk menciptakan produk berkualitas, meningkatkan omset penjualan, efesiensi sumber daya dans sebagainya.

Standar gaji untuk posisi Research and Development di Indonesia lumayan tinggi dikisaran 3,8 juta hingga 5 juta per bulannya.

8. Psikolog olahraga

Cangkupan pekerjaan lulusan sarjana S1 psikologi bukan hanya sebatas menjadi seorang psikiater saja, namun lebih dari itu. Walaupun sama sama menangani masalah psikis kepribadian orang lain, menjadi seorang psikologi olahraga perbedaannya terletak di ruang lingkup pekerjaan.

Psikologi olahraga akan ditempatkan di lingkungan atlet untuk memberikan konseling terkait dengan permasalahan kejiwaan/mental seorang atlet seperti pengendalian kontrol emosi, ketenangan batin dan sebagainya, kemampuan fisik, menyikapi kekalahan atau kemenangan dan sebagainya.

Untuk gajinya sendiri di Indonesia berada di kisaran 3,8 juta hinga 6 juta rupiah per bulan.

Baca yuk: prospek kerja lulusan farmasi dan gajinya.

Itulah beberapa ulasan singkat artikel tentang peluang kerja lulusan psikologi di masa depan dan gajinya yang telah kamu ketahui. Semoga, dengan adanya artikel ini, tak ada lagi keraguan untuk menentukan pilihan kuliah di jurusan psikologi atau tidaknya.

Atau untuk kamu yang telah memutuskan untuk menjalani kuliah psikologi dapat lebih memantapkan diri untuk menyambut masa depan dikemudian hari setelah lulus.

Redaksi Aogla Media
Aoglamedia merupakan media informasi, inspirasi dan motivasi berasal darI Bangka Belitung yang memiliki komitmen untuk menyajikan konten berkualitas dan kredible kepada publik dengan harapan menjadi media teroke (aogla).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.