Pertanyaan Interview dan Jawabannya

21 Daftar Pertanyaan Interview dan Jawabannya Menurut Ahli

Diposting pada

Sesi wawacara kerja adalah tahapan akhir dalam proses pengrekrutan karyawan yang dapat menentukan seorang pelamar kerja memiliki kelayakan atau tidaknya untuk diterima menjadi karyawan. Karena dalam tahap ini pelamar kerja akan dinilai tentang kepribadian dirinya, cara mempersentasikan dari serangkaian pertanyaan yang diberikan dan hal lainnya,

Maka dari itu ketika kamu hendak mengikuti interview kerja dalam waktu beberapa hari ke depan, alangkah jauh lebih baiknya jika kamu mencari banyak referensi tentang pertanyaan beserta jawabannya pada saat tes interview kerja untuk dipelajari dan dipahami agar kamu siap dan tidak gugup pada moment penting tersebut.

Pada dasarnya kami tidak dapat memprediksi secara pasti pertanyaan apa yang akan diberikan kepadamu saat itu.

Namun, kami dapat memberikan referensi tentangnya untuk kamu pelajari yang akan memberikan peluang kamu untuk lolos dalam tes wawancara kerja.

Inilah beberapa pertanyaan saat interview beserta jawabannya

1. Coba ceritakan kepada kami tentang diri anda?

Pertanyaan ini biasanya ditanyakan di awal waktu dengan tujuan untuk mengetahui kepribadian seseorang.

Untuk  menjawabnya tak perlu menyampaikan kembali identitas secara lengkap yang telah tertulis di dalam Curiculum Vitae. Sampaikanlah dengan singkat dan menggunakan bahasa yang jelas serta jawaban yang disampaikan harus ada kaitannya dengan posisi kerja yang hendak kamu lamar.

Jawaban:

Dikarenakan ini adalah permulaan, kamu dapat menjawabnya dengan kalimat “terima kasih sebelumnya karena telah memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat mengikuti wawancara ini

Kemudian barulah ke bagian intinya untuk menjawab pertanyaan tersebut. “Baiklah, perkenalkan nama saya Kanaya Putri lahir di kota Yogyakarta tahun 1995 anak ke-3 dari 3 bersaudara.

Saya seorang lulusan Teknik Informatika dari perguruan tinggi Universitas Gajah Mada Febuari tahun ini. Saya bersyukur dalam perkuliahan tersebut saya mendapatkan prestasi dengan IPK 3,53.

Selama saya menjalani kuliah, aktif dalam organisasi kemahasiswaan (BEM) dan menjadi seorang bendahara masa jabatan 1 tahun.

Kemudian, saya juga pernah menjadi asisten dosen untuk mata kuliah perangkat lunak dan basis data serta penah diberi tugas sebagai penangung jawab lab jaringan.

Setelah lulus, aktivitas keseharian saat ini saya aktif bekerja sebagai freelance dan sering menerima job pembuatan website company profile. Dengan bergabungnya diperusahaan ini, harapannya saya dapat mengembangkan potensi diri lebih jauh lagi.

Demikian diri saya yang dapat saya ceritakan kepada anda”.

Point penting:

  • Sampaikan dengan sikap santai dan tidak tergesa gesa
  • Tak perlu panjang lebar untuk menjawabnya, waktu 5 – 10 menit sudah cukup
  • Pastikan kamu menyampaikan tentang dirimu masih berkaitan erat dengan posisi jabatan yang hendak di lamar. Jika perusahaan sedang membutuhkan tenaga ahli dibidang programmer, jangan pernah menceritakan keahlian memasak.

2. Apakah anda memiliki hobi?

Pertanyaan wawancara kerja selanjutnya masih berkaitan dengan penilaian kepribadian seseorang.

Terkait dengan hobi saat ditanya pada tes interview kerja, jawablah dengan kejujuran bahwa kamu memiliki hobi dibidang tertentu.

Jika hobi mu bermain futsal, membaca, menggambar, internetan atau lainnya, sampaikan juga alasannya kenapa kamu sangat menyukai hobi tersebut dan berikan kesan positif.

Namun, Kami sarankan kepada mu, sampaikan hobi yang masih berkaitan dengan pekerjaan atau tidak juga tidak masalah, yang terpenting kamu mengemukakan alasannya dengan tepat.

Jawaban:

“Ya, Tentu saja saya memiliki hobi diantaranya saya suka sekali bermain badminton.

Saat akhir pekan secara rutin, terkadang dalam waktu 1 atau 2 minggu saya bermain badminton bersama teman – teman.

Selain menyehatkan, saya juga dapat berkumpul dengan teman – teman untuk membicakan hal – hal yang menarik.

Kemudian, saya juga menyukai internetan untuk browsing ke hal – hal yang positif sembari saya melakukan hal yang bermanfaat untuk mengelola halaman website saya. Itu saja hobi yang sangat saya sukai”.

Jika kamu menjawabnya demikian. Pihak HRD akan menilai dirimu, bahwa kamu seseorang yang memiliki perhatian terhadap kesehatan dan pribadi yang senang bergaul dengan banyak orang serta memiliki semangat belajar.

3. Kenapa anda memilih untuk kuliah di jurusan teknik informatika?

Pertanyaan interview yang satu ini untuk mengetahui apakah kamu menyukai bidang studi yang kamu pilih. Tentu saja kaitannya dengan etos kerja kamu nantinya pada perusahaan tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan ini cukuplah sederhana, point pentingnya adalah dengan bercerita masa lalu “kenapa anda termotivasi untuk mengambil bidang studi tersebut ?” dan apa yang akan anda lakukan di masa mendatang “apa yang akan anda lakukan dengan keahlian anda saat ini ?”.

Jawaban:

“Di saat saya masih duduk di bangka SMP dulu, saya mulai tertarik dengan pelajaran komputer yang disampaikan oleh guru saya, apalagi ketika menjalani praktek di lab komputer.

Semenjak itu, saya suka membaca referensi yang terkait dengan komputer, internet dan lainnya.

Begitu juga semasa saya SMA begitu tertarik dengan komputer dan sedikit belajar tentang multimedia dari internet.

Hingga saya lulnus SMA, saya memutuskan untuk mengambil jurusan teknik informatika sesuai dengan minat yang saya miliki.

Dari bidang studi yang saya tempuh ini, banyak hal yang telah saya dapatkan seperti dapat membuat website sendiri, dapat membuat aplikasi game android dan sebagainya, yang merupakan cita – cita saya di waktu sekolah dulu”.

4. Apa kelebihan dan kekurangan anda?

Kebanyakan pelamar kerja yang bertemu dengan pertanyaan ini saat tes wawancara kerja akan merasa gugup dan kebingungan untuk menjawabnya. Itu dikarenakan pertanyaan ini akan menuntut untuk menilai diri kamu sendiri.

Pertanyaan ini bersifat jebakan karena dari sini kita akan dinilai secara kepribadian tentang arti sebuah kejujuran.

Untuk menjawab pertanyaan ini, coba ceritakan sedikit tentang diri mu yang kemudian dari cerita tersebut barulah kamu generalisasikan untuk menarik sebuah kesimpulan.

Jadi, dalam memberikan jawaban, hindari to the point.

Misalnya, “kelebihan saya adalah selalu dispilin, kerja keras dan kekurangan saya adalah lupa, namun saya dapat mengatasi dengan mencatatnya untuk menghindari sifat lupa”. Sebaiknya kamu menghindari jawaban yang seperti itu.

Jawaban tersebut memiliki kesan monoton dan tidak memiiki kepribadian yang kreatif.

Jawaban:

“Saya sendiri senang sekali terhadap suatu hal yang berkaitan dengan komputer, internet dan multimedia. Dengan alasan itulah saya mengambil jurusan teknik informatika.

Dari keahlian yang saya miliki saat ini, saya dapat membuat aplikasi, membuat website dan lainnya terkait dengan keahlian yang saya miliki. Dalam proses pembuatan aplikasi andorid untuk pertama kalinya, saya membutuhkan waktu 1 bulan lamanya.

Namun, saya menikmati proses tersebut dengan kesabaran dan kesungguhan, bahwa apa yang saya inginkan pasti akan saya dapatkan. Saya selalu berusaha untuk bersungguh – sungguh dalam megerjakan sesuatu agar hasilnya tak sia – sia.

Namun disisi lain, terkadang saya lupa terhadap sesuatu yang akan saya kerjakan dan kurang menjaga kerapian disaat bekerja.

Untuk mengatasi lupa, usaha yang saya lakukan dengan mencatatnya di catatan pengingat pada smarphone yang saya miliki.

Misalnya saja, hari ini adalah hari penting bagi saya untuk mengikuti tes wawancara kerja, maka saya mencatatnya di pengingat smatphone.

Dengan begitu, saya tidak akan lupa. Untuk sikap kurang menjaga kerapian, dalam bekerja terkadang saya kurang rapi dalam hal menempatkan barang yang saya gunakan dalam bekerja.

Misalnya, menempatkan buku, alat tulis dan sebagainya tidak ditempatkan ke posisi semula saat itu juga.

Tetapi saya memahami dan berusaha untuk menjaga kerapian, bahwa kerapian itu penting, misalnya dalam berpakaian, menjaga kerapian ruang kerja dan sebagainya, cukup sulit memberikan penilaian terkait dengan kelebihan dan kekurangan diri terhadap diri sendiri.

Selebihnya, orang lain mungkin dapat menilai diri saya seperti apa”.

Point penting:

  • Ceritakan bahwa dirimu memiliki pribadi yang ulet, kerja keras, sabar, komunikatif, rajin dan bertanggung jawab. Sampaikan secara narasi.

Kamu tidak perlu menyebutkan bahwa saya pribadi yang jujur, bertangung jawab dan sebagainya. Sampaikan dengan cerita, biarkan pihak HRD yang menyimpulkan dari cerita yang kamu sampaikan bahwa kamu memiliki kriteria tersebut.

5. Apakah anda punya kelebihan lain untuk membantu pekerjaan Anda?

Munculnya pertanyaan ini dikarenakan ketidakpuasan HRD atas jawaban yang telah kamu berikan.

Namun, tak jadi masalah.

Dengan begitu, pihak HRD akan mengetahui lebih dalam potensi diri kamu.

Jika pertanyaan ini muncul, jawablah dengan keahlian dan keterampilan yang kamu miliki yang dapat membantu mu dalam menjalani pekerjaan yang kamu lakukan nantinya.

Jawaban:

“Terkait dengan pendidikan yang saya ambil yakni teknik informatika yang sangat relevan dengan posisi lowongan kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan ini. Yang mana perusahaan ini membutuhkan seorang tenaga IT yang ahli dibidang teknologi dan pengembangan aplikasi multimedia.

Dengan pengalaman yang saya miliki yakni pernah menjadi seorang asisten dosen saat kuliah dan sebagai penangung jawab lab komputer, dari pengalaman tersebut akan cukup membantu saya untuk menjalani pekerjaan yang akan saya lakukan terutama pada posisi yang dibutuhkan saat ini”.

Point penting:

  • Jawablah berdasarkan keahlian, keterampilan khusus atau pengalaman kerja

6. Apa yang anda cari ketika bekerja?

Tak dipungkiri, setiap orang yang bekerja pasti ingin mendapatkan gaji besar disertai kelengkapan fasilitas yang mendukung untuk menunjang kebutuhan hidup.

Namun, alasan ini janganlah kamu utarakan yang akan menimbulkan penilaian bahwa diri kamu adalah seorang yang menilai segala sesuatunya dengan materi.

Sampaikan alasan lainnya seperti ingin mengembangkan kemampuan yang kamu miliki sekarang, mencari relasi teman atau sebagainya.

Hindari jawaban atas dasar mencari pengalaman kerja. Karena hal itu akan mengundang pertanyaan lainnya seperti “ketika anda sudah mendapatkan pengalaman, lantas apa yang akan anda lakukan kemudian ?”.

Jawaban:

Kamu dapat menjawabnya seperti ini “Selain penghasilan yang saya butuhkan, untuk mencukupi kebutuhan hidup saya bersama keluarga saya saat ini, dapat mengembangkan potensi diri dari apa yang saya miliki sekarang dan memiliki teman baru adalah hal yang beharga bagi hidup saya. Dengan begitu, saya memiliki semangat untuk selalu bekerja kearah yang lebih baik”.

7. Apakah anda memiliki target jangka pendek dan jangka panjang?

Pihak perusahaan dalam hal ini HRD, ingin mengetahui apakah kamu adalah orang yang memiliki rencana terhadap sesuatu. Mereka ingin memastikan karyawannya memiliki semangat dalam bekerja.

Untuk menjawabnya, kamu dapat menceritakan target jangka panjang terlebih dahulu, kemudian barulah berlanjut target jangka pendek.

Jawaban:

“Saya ingin membuktikan dikemudian hari kepada orang lain terutama kepada kedua orang tua, bahwa saya dapat menggapai cita – cita saya impikan untuk menjadi seorang yang memiliki kompentensi dibidang IT.

Saya tidak akan menyia – yiakan usaha dan kerja keras dari orang tua saya beserta orang – orang yang telah mendukung saya hingga saat ini.

Selain itu, saya juga ingin memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar dari keahlian yang saya miliki. Untuk menggapai impian ini, saya perlu tempat agar potensi saya dapat berkembang lebih jauh yakni bekerja disebuah perusahaan sesuai dengan keahlian saya saat ini.

Kemudian, dalam waktu dekat rencananya juga saya akan menikah. Tentu saja, banyak hal yang akan saya lakukan dalam waktu dekat ini”.

8. Jika anda diterima di perusahaan ini, apa yang akan anda lakukan terhadap perusahaan ini?

Cukup rumit untuk dijawab.

Untuk menjawab pertanyaan ini dibutuhkan sebuah perencanaan jangka pendek dan jangka panjang ketika kamu bekerja di perusahaan tersebut. Kamu harus mampu menjelaskan rencana apa yang akan kamu lakukan dalam waktu dekat terhadap perusahaan. Selanjutnya, barulah menjelaskan rencana jangka panjang yang akan kamu lakukan terhadap perusahaan.

Jawaban:

“Sebagai langkah awal yang akan saya lakukan ketika pertama kali bekerja di perusahaan ini adalah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada di perusahaan, dengan cara memperkenalkan diri dan selalu bersikap baik kepada orang yang ada di lingkungan perusahaan serta mempelajari apa – apa yang harus saya lakukan sesuai dengan posisi saya saat itu.

Sehingga, dikemudian hari saya dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam bekerja sesuai dengan keahlian yang saya miliki dan berusaha sedapat mungkin untuk selalu memberikan yang terbaik bagi perusahaan dari apa yang telah ditargetkan”.

Point penting:

  • Sebaiknya kamu jangan terlalu mengumbar janji manis. Misalnya, saya akan bekerja bersungguh sungguh, tidak ceroboh, bekerja tepat waktu, sanggup memenuhi target dan sebagainya.

9. Menurut pendapat anda, pekerjaan yang ideal itu seperti apa?

Semua orang dipastikan ingin sekali mendapatkan suatu pekerjaan yang ideal. Memiliki gaji yang besar, ada fasilitas pendukung, bos (atasan) yang ramah, lingkungan suasana pekerjaan yang nyaman dan kondusif, pekerjaan yang tidak terlalu berat dan sebagainya.

Namun, tak mungkin kamu menjawab pertanyaan tersebut dengan alasan demikian. Karena memiliki kesan, bersifat materalistis, tidak berani menjalani proses, kurang bersemangat dalam bekerja dan sebagainya.

Jawaban:

“Menurut pendapat saya, pekerjaan yang ideal itu pekerjaan yang sesuai dengan apa yang dicita – citakan oleh orang yang bersangkutan dan selaras dengan hobi yang ia senangi.

Sehingga, orang tersebut dapat menjalaninya dengan rasa senang dan selalu memiliki semangat dalam bekerja.

Dengan begitu, ia akan mampu menciptakan iklim yang baik dimana tempat ia bekerja.

Misalnya saja, ada orang yang bekerja tidak sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang ia miliki, maka pekerjaan yang ia lakukan nantinya tidak akan memberikan hasil yang maksimal, pekerjaan yang seperti ini dapat dikatakan pekerjaan yang tidak edeal bagi orang tersebut”.

10. Jika ada suatu pilihan, bekerja atau melanjutkan pendidikan. anda memilih yang mana?

Pertanyaan ini bagaikan mata pisau yang kedua sisinya tajam.

Jika kamu lebih memilih untuk bekerja, maka kamu akan dinilai bahwa kamu tidak mengedepankan pendidikan, itu bearti kamu juga tidak akan berkembang dan cenderung statis dengan kemampuan yang kamu miliki saat ini.

Kemudian jika anda memilih pendidikan, lantas bagaimana kamu dapat bekerja dan membagi waktu yang tepat antara bekerja atau menempuh pendidikan. Padahal perusahaan akan membutuhkan waktu mu untuk bekerja.

Jawaban pertanyaan wawancara kerja seperti ini adalah dengan memilih keduanya.

Jawaban:

“Ilmu pengetahuan sangatlah berguna sekali, jika seseorang tak memiliki dasar ilmu pengetahuan yang mumpuni, tak akan mungkin seseorang tersebut dapat melakukan suatu pekerjaan dengan baik dan kegagalan pasti akan ia raih.

Dalam bekerja ilmu pengetahuan sangatlah dibutuhkan, yang kita dapatkan dari pendidikan formal ataupun non formal. Keduanya tak dapat dipisahkan.

Jika ada kesempatan ada, sembari saya bekerja, saya ingin sekali mengembangkan keahlian saya terutama dibidang pembuatan aplikasi. Karena bidang ini akan memberikan nilai positif bagi saya untuk mengembangkan lebih jauh kemampuan yang saya miliki”.

Point penting:

  • Kamu dapat menjawabnya seperti itu. Ada satu penekanan yang perlu disampaikan, bahwa ada bidang tertentu atau keahlian tertentu yang ingin anda perdalam lagi. Misalnya, bagi seorang guru matematika, ia akan memperdalam lagi ilmu statistik pengolahan data. Selebihnya dapat kamu kembangkan sendiri

11. Pernahkan anda mengalami permasalahan dengan atasan anda di tempat pekerjaan anda sebelumnya?

Pertanyaan ini biasanya hanya ditujukan bagi mereka yang pernah bekerja

Dari pertanyaan ini, kamu akan dinilai apakah kamu adalah  seorang yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan baik dan berkepala dingin. Perusahaan melalui HRD akan mencari karyawan atau pegawainya yang memiliki kriteria dapat menyelesaikan suatu permasalahan jika hal tersebut terjadi di dalam bekerja nantinya.

Jawaban:

“Hal itu pernah terjadi ditempat saya bekerja sebelumnya, pada saat itu saya sendiri kurang teliti dalam mengerjakan tugas yang diberikan dan begitu yakin tugas tersebut telah saya selesaikan tepat waktu

. Setelah dilakukan pengecekan oleh atasan saya sebelumnya ternyata ada bagian penting yang terlewatkan, sehingga saya mendapatkan teguran yang membuat saya kurang nyaman.

Namun, tugas tersebut segera saya perbaiki dan setibanya di rumah saya memikirkan kejadian itu agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali. Jadi seperti itulah permasalahan yang saya hadapi dengan atasan sebelumnya”.

Point penting:

  • Gunakan kejujuran
  • Jika kamu pernah bekerja di perusahaan lain dengan masa kerja lebih dari 1 tahun, mustahil masalah ini tidak ada. Maka dari itu, mau tidak mau kamu harus akui bahwa masalah ini ada

12. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?

Dibutuhkan sebuah pengetahuan untuk menjawab ini.

Sebelum dilakukannya wawancara kerja, kami sarankan buat pelamar kerja terlebih dahulu untuk mencari informasi perusahaan tersebut seperti profile singkat, sejarah berdirinya dan sebagainya.

Namun, dalam menjawab pertanyaan interview kerja ini, janganlah seperti orang yang tahu akan banyak hal.

Pengetahuan yang kamu dapatkan berasal dari informasi yang diperoleh dari mana saja, misalnya dari internet, obrolan masyarakat, teman kamu dan sebagainya.

Jawaban:

“Saya sendiri seorang lulusan teknik informatika yang sangat menyukai hal – hal yang berkaitan dengan pemrograman, apalagi kaitannya dengan internet dan pembuatan website dan aplikasi.

Yang saya ketahui, perusahaan PT Teknologi Nusantara adalah perusahaan yang bergerak dibidang teknologi dan pengembangan aplikasi multimedia yang sudah berdiri selama 9 tahun lamanya hingga saat ini perkembangannya semakin pesat dan sudah melekat dihati masyarakat.

Banyak yang telah megetahui perusahaan ini, termasuk saya sendiri adalah orang yang menggunakan aplikasi buatan perusahaan ini.

Belum banyak yang saya ketahui dari perusahaan PT Teknologi Nusantara. Saya berharap dapat mengetahuinya lebih lanjut”.

Point penting:

  • Tunjukkan ketertarikan dan dedikasimu terhadap perusahaan

13. Mengapa anda memiliki keinginan untuk bekerja di perusahaan kami (fresh graduated)?

Karena saya mengetahui bahwa perusahaan ini memberikan gaji yang besar, memiliki tunjangan, menyediakan fasilitas bagi pegawainya serta perusahaan ini sudah besar dan terdengar kemana – mana.

Walaupun demikian kenyataannya, jangan pernah menjawab pertanyaan interview kerja yang satu ini dengan jawaban di atas.

Pada umumnya, pertanyaan ini sering ditanyakan kepada lulusan baru (fresh graduated).

Jawaban:

“Terkait dengan pendidikan yang saya tempuh yakni teknik informatika yang mana saya memiliki keahlian dibidang pemrograman dan pembuatan aplikasi.

Tentu saja keahlian yang saya miliki jika tidak diterapkan di dalam keseharian berkemungkinan akan menjadi lupa dikemudian hari.

Saya ingin mencari tempat dimana saya dapat mengembangkan diri dari keahlian yang saya miliki. Karena perusahaan PT Teknologi Nusantara bergerak dibidang teknologi dan pengembangan aplikasi multimedia. Saya yakin, di perusahaan ini saya dapat mengembangkan keahlian yang saya miliki dengan baik”.

14. Mengapa kamu harus menerima anda untuk bekerja di perusahaan ini?

Mereka ingin memastikan apakah kamu termasuk dalam kriteria kandidat terbaik untuk menempati posisi yang ada.

Untuk menjawab pertanyaan ini, tunjukkan kepada mereka bahwa kamu memiliki keahlian seperti kriteria yang dibutuhkan serta utarakan prestasi yang pernah kamu capai dibidang tersebut.

Point penting:

  • Jangan pernah mengatakan “saya tidak mengetahuinya karena iu hak perusahaan”
  • Sangat dianjurkan untuk melakukan penelitian terlebih dahulu. Cari tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Misalnya mereka membutuhkan seseorang yang ahli dibidang animasi, sedangkan kamu saat ini menguasi adobe after effect, maka dapat dipastikan kamu memiliki peluang besar untuk diterima bekerja.

15. Apakah anda pernah mengalami kegagalan?

Pertanyaan ini bertujuan untuk menilai si pelamar kerja, apakah ia mampu belajar dari kesalahan yang telah diperbuatnya dan mampu bangkit kembali. Selain itu, mereka juga ingin mengetahui apakah kamu memiliki pribadi yang bertanggung jawab dan dapat mengakui kesalahan.

Untuk menjawab pertanyaan ini, harus kamu akui bahwa itu ada. Jangan pernah mengatakannya “saya tidak pernah mengalami kegagalan”. Karena pada dasarnya, semua manusia yang hidup menapaki jalan kehidupan, dipastikan pernah mengalami kegagalan.

Point penting:

  • Jangan pernah bahwa kamu tidak pernah mengalami kegagalan
  • Jangan pernah menyalahkan orang lain ketika kamu mengalami kegagalan
  • Sampaikan secara singkat
  • Jelaskan secara singkat tentang kesalahanmu dan cara dirimu mengubah kegagalan tersebut menjadi sebuah kesuksesan.

16. Apa yang akan kamu lakukan selama 5 tahun ke depan?

Terkait dengan pertanyaan ini, mereka ingin mengetahui diri kamu apakah kamu telah memikirkan masa depan secara profesional, apakah diri kamu seorang pekera keras untuk mencapai tujuan tersebut dan mereka juga ingin memastikan posisi jabatan yang dibutuhkan saat itu sesuai dengan tujuan hidupmu.

Pastikan kamu membedakan tujuan pribadi dan perusahaan.

Sebaiknya sampaikan jawaban kamu yang masih ada kaitannya dengan jabatan saat itu. Bukan jawaban yang berkaitan dengan tujuan pribadi.

Jawablah dengan penuh ambius dan semangat tinggi.

Misalnya, kamu memiliki program. Dan sampaikan kepada mereka dengan program dan keahlianmu, maka kamu akan membawa nama perusahaan ini menjadi lebih maju lagi dalam rentang waktu 5 tahun ke depan.

Jangan terlalu mengedepankan jawaban yang bersifat pribadi, misalnya ingin menikah, punya rumah, tempat tinggal layak, punya istri dan sebagainya.

17. Berapa besar gaji yang anda harapkan?

Pertanyaan wawancara kerja yang satu sangat sering disampaikan oleh manajer pengrekrutan. Tampaknya begitu sederhana, namun sangat membingungkan sebagian besar pelamar kerja.

Jika kamu menjawabnya terlalu tinggi, maka kamu akan dinilai matrealistis dan terkesan terlalu “jual mahal”. Sedankan jika kamu menjawabnya terlalu rendah, maka kamu akan dinilai meremehkan diri sendiri.

Jawaban:

Saya yakin pihak perusahaan telah mempersiapkan besaran gaji untuk posisi ……………… Berdasarkan ketentuan dari pemerintah …………… besaran UMR ditentukan sebesar Rp ………………… Saya yakin pihak perusahaan juga telah mempersiapkan besaran gaji untuk karyawan terbaik mereka ketika mencapai suatu target yang telah ditetapkan.

18. Bagaimana cara anda menghadapi tekanan ketika bekerja?

Selama bekerja, tentu saja kita akan menghadapi beragam masalah yang tidak pernah dibayangkan. Masalah itu biasanya datang dari tekenan pimpinan perusahaan terkait dengan target kinerja harian atau bulanan.

Mereka ingin mengetahui bagaimana cara kamu mengatasi masalah tersebut.

Jangan pernah mengatakan bahwa kamu tidak pernah mengalami tekanan selama hidup.

Jawaban:

“Saya bukanlah pribadi yang dapat tumbuh di lingkungan yang penuh dengan tekanan. Jika saya mengalaminya, maka saya akan menghadapinya dan menyelesaikannya dengan segera dengan cara melakukan komunikasi terbuka.

Untuk menghindari hal itu, yang saya lakukan adalah selalu berusaha untuk mengerjakan sesuatu secara teratur dengan sikap profesionalisme.

19. Apa prestasi terbesar dalam hidup anda?

Lagi lagi pertanyaan ini untuk mencari calon kandidat yang memiliki kriteria untuk menempati posisi yang sedang diperebutkan. Pikirkan beberapa prestasi yang pernah kamu capai terkait dengan etos kerja dan pastinya masih ada hubungannya dengan jabatan yang kamu inginkan saat itu.

Jawaban:

“3 bulan yang lalu saya dipercaya oleh perusahaan A untuk mengerjakan pembuatan website e commerce, waktu yang diberikan kepada saya untuk mengerjakan itu semua selama 30 hari.

Banyak hal yang mereka minta, seperti sistem pembayaran online pada website yang terhubung dengan layanan pembayaran digital. Ini tidaklah mudah, karena ada banyak sekali pemograman yang harus dikerjakan.

Namun, saya tidak menyerah begitu saja. Untuk mempermudah, saya membagi target pekerjaan dengan beberapa tahapan. Dimulai dari yang ringan hingga ke tahapan sulit yakni pemograman.

Di awal waktu pekerjaan dalam 6 hari pertama, saya membuat rancangan tampilan website. Sisa waktu saya mengerjakan tahapan sulit.

Dengan metode yang saya gunakan, dalam waktu 28 hari saya telah menyelesaikan website tersebut.

Mereka mengatakan kepada saya, bahwa mereka sangat puas dan website yang telah saya kerjakan”.

20. Apakah Anda memiliki pertanyaan?

Pertanyaan ini kerapkali ditanyakan oleh HRD atau tim pengrekrutan kerja. Sayangnya sebagian besar pelamar kerja menjawabnya dengan kalimat “tidak ada” atau “cukup”.

Hal itu merupakan kesalahan besar dan dapat dipastikan jika kamu menjawabnya demikian, maka kamu tidak akan lolos seleksi wawancara kerja dan mereka akan memilih kandidat lain.

Jawaban:

“Ya, ada 2 pertanyaan yang ingin saya ajukan, diantaranya :

Apa saja tantangan yang biasanya dihadapi orang dalam posisi ini?”

Apakah perusahaan ini akan mengadakan pelatihan khusus untuk meningkatkan keahlian karyawannya?

atau pertanyaan lainnya.

Point penting:

  • Jangan pernah bertanya yang masih ada hubungannya dengan gaji, tunjangam, waktu istirahat, bonus, kenyaman lingkungan kerja atau hal hal yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan.

21. Apa saja kelemahan ada diri anda?

Mungkin kamu akan merasa canggung jika dihadapi dengan pertanyaan ini. Kamu dituntut unuk menilai diri sendiri. Sebagian besar orang merasa sangat sulit untuk melakukan ini.

Untuk menjawabnya, awali dengan kelemahan. Kemudian, langkah selanjutnya adalah menjelaskan bagaimana cara kamu mengatasi kelemahan itu.

Jawabannya ada di point nomor 4.

Kamu dapat membaca jawabannya di sana.

Itulah beberapa contoh pertanyaan interview dan jawabannya yang sering ditanyakan oleh HRD atau tim pengrekrutan kerja.

Baca yuk: tips wawancara kerja terbaik.

Oya, mengenai jawaban yang telah kami berikan hanya bersifat contoh. Jangan sama persis seperti apa yang telah kami sampaikan. Sesuaikan dengan kepribadian dan keahlian mu masing masing. Kami hanya memberitahukan kepada mu, seperti inilah jawabannya. Silahkan dimodifikasi dan disesuaikan dengan kondisi.

Apakah kamu ingin menambahkan sesuatu atau pertanyaan dan jawaban lainnya ?

Jika iya, sampaikan di kolom komentar ya.

Jangan lupa berikan rating terbaik pada tulisan ini dan subcribe situs ini dengan berlangganan artikel terbaru dari kami melalui email.

Redaksi Aogla Media
Aoglamedia merupakan media informasi, inspirasi dan motivasi berasal darI Bangka Belitung yang memiliki komitmen untuk menyajikan konten berkualitas dan kredible kepada publik dengan harapan menjadi media teroke (aogla).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.