Prospek Kerja Manajemen dan Gajinya

6+ Prospek Kerja Manajemen dan Gajinya Berdasarkan Peminatan

Diposting pada

Lulusan sarjana managemen akan menghasilkan sumber daya manusia yang dapat menganalisis pengelolaan perusahaan dan penerapannya secara fungsional. Lulusan ini akan mendapatkan gelar sarjana Ekonomo atau S.E karena berasal dari Fakultas Ekonomi jurusan managemen.

Jurusan managemen menawarkan berbagai cabang ilmu pengetahuan yang lebih menjurus kepada peminatan mahasiswa untuk meraih prospek kerja sesuai harapan. Diantara bidang peminatan tersebut meliputi:

  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Operasional

Jika dilihat berdasarkan bidang konsentrasi jurusan, maka berikut ini peluang kerja manajemen dan gajinya sebagai berikut:

1. Konsultan Bisnis

Khususnya yang mengambil peminatan managemen operasional dan sumber daya manusia, maka kamu dapat bekerja menjadi seorang konsultan bisnis di perusahaan skala nasional dan internasional.

Tugas konsultan bisnis adalah memberikan saran atau sebuah arahan sebagai bentuk tindakan operasional maupun hanya sebatas konseptual atau perencanaan.

Lebih spesifik lagi, kamu dapat menangani analisis peningkatan sumber daya manusia, penentuan prestasi dan acuan kerja dan sebagainya dengan tujuan untuk meningkatkan mutu serta kualitas perusahaan agar semakin berkembang.

2. Staf / Manager Keuangan

Lulusan manajemen keuangan memiliki prospek kerja sebagai staf ahli atau manager keuangan disebuah instansi pemerintah, bank, rumah sakit dan perusahaan.

Tugas jabatan ini utamanya adalah menganalisa, menangani, membuat program rancangan keuangan tentang alur pemasukan dan pengeluaran hingga membuat laporan keuangan administasi secara transparansi.

3. Staff / Manager Pemasaran

Jurusan manajemen pemasaran memiliki keahlian dalam merencanakan sebuah konsep program pemasaran dari suatu produk agar menarik konsumen, mengelola konsumen hingga mampu mengambil sebuah tindakan inovatif agar suatu produk laku terjual.

Dengan keahlian itu, lulusan ini memiliki peluang untuk bekerja sebagai staff atau manager pemasaran disebuah perusahaan, UMKM dan sebagainya.

Namun, posisi ini sangat membutuhkan keterampilan dalam hal mempengaruhi orang lain dengan kemampuan komunikasi yang baik.

4. Staff / Manager SDM

Kemampuan seorang lulusan manajemen sumber daya manusia adalah dapat menganalisa tingkah laku dan kebiasaan pekerja. Lulusan ini juga dapat mengelola sumber daya manusia di sebuah perusahaan agar para pekerja dapat bekerja secara efektif dan efesien guna mencapai tujuan bersama.

Peluang kerjanya dapat menjadi seorang staff atau manager SDM dengan tugas pokok antara lain memberikan penilaian / evaluasi kerja, menyusun draf rencana gaji, peningkatan kualitas kerja dari setiap karyawan, membantu pengrekrutan karyawan baru dan sebagainya.

5. Pengusaha

Lulusan sarjana manajemen akan dibekali segudang ilmu pengetahuan tentang kewirausahaan. Sehingga secara mandiri kamu dapat menciptakan peluang kerja baru di banyak bidang usaha masa kini yang inovatif. Pastinya kamu lebih ahli dalam hal merencanakan sebuah jalur distribusi anggaran pemasukan dan pengeluaran, pengembangan bisnis dan sebagainya.

6. Tenaga Pendidik

Daya serap lulusan manajemen dapat merambah ke dunia pendidikan yakni menjadi seorang tenaga pendidik di SMK, bahkan dapat menjadi seorang dosen di universitas dengan catatan kamu harus melanjutkan masa studi hingga ke jenjang S2 ataupun S3.

Gaji Lulusan Manajemen

Besaran gaji dari seorang lulusan manajemen tergantung dari posisi dan jabatan kamu saat itu. Pada umumnya, salary lulusan ini berkisar antara 1,8 juta hingga 4 juta rupiah per bulan di fase awal pekerjaan.

Baca : peluang kerja lulusan teknik sipil dan gaji.

Jika kamu menduduki jabatan penting disebuah perusahaan skala besar, untuk posisi jabatan seperti konsultan bisnis dan manager, gaji yang diberikan dapat berkisar antara 5 juta hingga 15 juta per bulan.

Besaran gaji untuk lulusan ini biasanya dipengaruhi dari tingkat pengalaman seseorang. Semakin banyak pengalaman, maka salary nya akan semakin tinggi.

Nah, sekarang kamu tak bingung lagi kan soal kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa.

Selain yang disebutkan di atas, prospek kerja manajemen dapat bekerja di banyak bidang seperti menjadi seorang motivator handal dalam dunia bisnis, event organizer, head hunter, brand manager, konsultan saham, advertising dan sebagainya.

Redaksi Aogla Media
Aoglamedia merupakan media informasi, inspirasi dan motivasi berasal darI Bangka Belitung yang memiliki komitmen untuk menyajikan konten berkualitas dan kredible kepada publik dengan harapan menjadi media teroke (aogla).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.