Cara Agar Backlink Cepat Terindex

Cara Agar Backlink Cepat Terindex di Google [Studi Kasus]

Diposting pada

Apa itu backlink? backlink adalah link atau tautan yang masuk berasal dari situs A ke situs B menuju halaman web tertentu. Menurut wikipedia, backlink merupakan link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.

Hingga saat ini backlink merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peringkat situs di mesin penelusuran.

Walaupun demikian, tetap saja penilaian tersebut hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi situs berada di laman pertama penelusuran search engine.

Masih ada faktor lainnya seperti kualitas konten, kecepatan situs, pemilihan keyword, tingkat kepopuleran situs, dan sebagainya.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, walaupun backlink merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi sebuah situs di SERP, akan tetapi hal tersebut tidak dapat diabaikan begitu saja.

Sebab, backlink dapat mempengaruhi kekuatan sebuah halaman situs di laman penelusuran seperti mempengaruhi tingkat kepopuleran situs dalam hal ini mempengaruhi skor Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA), tingkat kepercayaan situs dan sebagainya.

Upaya yang saya lakukan untuk itu semua seperti meningkatan skor DA PA dan sebagainya adalah dengan menanamkan backlink di berbagai situs. Namun terkadang, masalahnya backlink yang kita tanam di situs tertentu seperti backlink profile, lambat sekali di indeks oleh google dan mesin penelusuran lainnya.

Bahkan, parahnya tidak diindeks sama sekali.

Itu dikarenakan page laman pada situs tersebut biasanya disetting untuk diindeks dalam jangka waktu lama (skala prioritas indeks rendah), bisa jadi hitungan minggu, bulan atau tahun atau tidak sama sekali.

Akibatnya, usaha yang dilakukan pun menjadi sia sia dan tidak ada dampak perubahan terhadap situs.

Pada jaman dahulu kala, siapa saja dapat melakukan pengindeksan link di mesin penelusuran google melalui tautan https://www.google.com/addurl.

Namun sejak negara api menyerang (digunakan oleh pasukan spammer), di jaman now saat ini tautan tersebut telah dinonaktifkan.

Karena google melihat bahwa tautan tersebut disalah gunakan dan menimbulkan efek di mesin pencarian terdiri dari banyak tautan yang tidak berkualitas, maka tautan tersebut dihapus.

Cara cepat agar backlink terindex di google

Tenang saja, masih ada 1.000 cara lainnya yang dapat kita gunakan. Beberapa diantaranya kamu dapat menggunakan bantuan tools linkcentaur premium, instant index link, GSA SER dan sebagainya.

Sayangnya, tools tersebut berbayar dan tidak gratis.

Untuk mempercepat indeks backlink, saya menggunakan cara lainnya. Hanya menggunakan blogspot saja. Gratis tes tis..

Berkomentar dan menempatkan tautan aktif di sana ?

Tidak.

Karena cara tersebut di tahun 2019 sudah tidak bisa dilakukan. Seseorang tidak dapat menempatkan link aktif di komentar.

Berikut peralatan yang dibutuhkan:

  1. Domain blogspot zombie (yang penting ada da pa nya)
  2. Akun gmail fresh yang tidak terhubung dengan moneysite / akun utama (jika perlu gunkaan IP addreas berbeda)
  3. Akun blogger fresh

Langkah langkah melakukan indeks backlink:

  1. Pastikan blogspot zombie tadi telah terisi dengan artikel unik, semakin banyak semakin bagus. Kalau saya pake spin aja isi artikelnya biar ga rempong. Yang penting masih nyaman dan enak di baca orang
  2. Pastikan blogspot zombie tersebut telah terindek di mesin pencarian google
  3. Pastikan pula blogspot zombie tersebut telah terdaftar di google search console dan telah terindex di google
  4. Tempatkan link atau tautan aktif di dalam artikel. Terserah mau taruh dimana, di mana saja juga boleh. Mau pakai anchor text ataupun ga pakai terserah. Yang penting tautan linknya aktif dan serelevan mungkin.
  5. 1 artikel cukup 1 atau 2 tautan keluar
  6. Submit artikel baru di google search console
  7. Selesai

Jika artikel di blogspot zombie sudah terindeks, tidak lama lagi url backlink juga akan terindeks.

Oya, jangan terlalu spam ya untuk menghindari situs blog zombie deindex. Kalau deindex, bisa jadi backlink nya juga lenyap di serp. Tapi, ntahlah. Sejauh ini saya belum pernah deindex untuk kasus ini.

Walaupun situs blogspot ini cuma sekedar untuk indeks backlink semata, namun artikelnya perlu di update secara rutin. 1 bulan 2 artikel ga papa, yang penting update. dan jangan terlalu spam. Sesekali, isilah dengan artikel original bukan hasil spin atau generate.

Itulah cara yang saya lakukan untuk mempercepat indeks backlink. Paling tidak setelah artikel di blogspot zombie terindeks, dalam waktu hitungan hari atau minggu URL backlink sudah terindeks.

Ingin bertanya, budayakan tinggalkan jejak.

Iyanto Raditya
Profile penulis: Seorang blogger dan youtuber setengah profesional sekaligus master SEO kaleng kaleng kelahiran Bangka Belitung yang ga' bisa tidur kalau belum pageone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.