12 Cara Merawat Laptop Baru Beli Agar Awet 5 – 8 Tahun Pemakaian

Banyak orang menggunakan jasa service laptop untuk memperbaiki laptop miliknya disebabkan beragam faktor seperti tidak menyala, layar blur, hardisk rusak dan sebagainya. Padahal belum mencapai 1 tahun penggunaan.

Apakah disebabkan karena kualitas produk yang tidak begitu baik ? Tidak sepenuhnya demikian. Selebihnya kerusakan yang terjadi sebagian besar disebabkan karena penggunaan yang salah.

Jangan sampai, laptop baru yang baru saja Kamu beli belum 1 tahun pemakaian sudah mengalami kerusakan. Maka dari itu simak beberapa tips berikut ini.

1. Jangan paksakan laptop mu bekerja terlalu ekstra

Terkadang, Kita tak terlalu sabar menunggu. Untuk mengerjakan banyak hal, ada banyak aplikasi dan program yang Kita jalankan secara bersamaan. Padahal spesifikasi laptop yang kita gunakan sangat minim untuk membuka aplikasi terlalu banyak.

Maka dari itu, perhatikan sistem reqiutment jika Kamu hendak menginstall aplikasi tertentu. Berapa besaran RAM yang dibutuhkan ? Jika RAM laptop yang Kamu gunakan saat ini, sedangkan aplikasi tersebut membutuhkan RAM 4 GB, sebaiknya jangan install aplikasi tersebut.

Mengapa ? Hal itu akan memicu kinerja dari prosesor dan komponen lainnya akan semakin ekstra. Akibatnya akan mengalami peningkatan suhu secara drastis. Kondisi ini jika berlangsung secara terus menerus akan merusak hardware laptop secara perlahan.

2. Jangan biarkan suhu laptop di atas 40 derajat celcius

Masih ada kaitannya dengan point satu. Suhu laptop terlalu panas akan memicu kerusakah hardware secara perlahan – lahan dan mengurangi usia perangkat keras teramat penting terutama hardisk dan prosesor.

Jika komponen penting ini rusak, laptop Kamu akan mati secara mendadak. Tentunya, Kamu harus mengganti hardware tersebut dengan yang baru.

3. Jangan biasakan menutup LCD setelah menggunakan laptop

Kebanyakan tindakan ini seringkali dilakukan oleh pekerja kantoran, gamer, kalangan pelajar dan mahasiswa. Sesekali mungkin saja tidak akan menghasilkan masalah apapun.

Namun, jika hal itu Kamu lakukan berkali – kali dan menjadi sebuah kebiasaan. Maka tunggu saja layar LCD laptop Kamu akan rusak, ngeblur, terlihat warna hitam dan sebagainya.

Hal itu dikarenakan permukaan suhu keyboard pada laptop menguap ketika ditutup mengenai LCD layar. Diamkan beberapa saat untuk mengurangi hawa panas. Atau Kamu dapat menggunakan lapisan tipis bawaan laptop sebelum menutup laptop jika terburu – buru.

4. Jangan biasakan menggunakan laptop dengan cara dipangku atau sambil tiduran di kasur

Kebiasaan mager alias males gerak kerapkali dilakukan oleh kebanyakan pemilik laptop. Udara panas dari dalam yang seharusnya keluar ketika Kamu menempatkan laptop pada kasur atau dengan cara dipangku, maka udara panas itu akan tertahan di dalam.

Akibatnya, peningkatan suhu akan naik secara signifikan. Banyak orang tidak akan menyadari jika hal ini terjadi. Karena mereka tidak mengetahui temperatur suhu laptop yang ia gunakan.

Hal yang paling utama adalah jika itu dilakukan dan menjadi kebiasaan, hardisk Kamu akan mengalami kerusakan dengan cepat.

Coba install software hardisk sentinel untuk memantau suhu laptop yang Kamu gunaan saat ini.

5. Jangan hidupkan laptop seharian

Untuk merawat laptop baru agar awet caranya cukup mudah. Hindari kebiasaan sering menggunakan laptop terlalu lama, apalagi digunakan seharian. Idealnya, penggunaan laptop paling tidak kurang dari 3 – 5 jam perhari.

Setelah melewati 5 jam, sebaiknya matikan laptop. Kemudian, biarkan laptop istirahat minimal 1 jam berikutnya baru dihidupkan kembali. Atau hingga temperatur suhu laptop menurun.

6. Bersihkan laptop setelah menggunakan

Saya yakin, tidak semua orang melakukan hal ini. Padahal, dengan cara ini Kita dapat merawat laptop agar awet dan tahan lama hingga pemakaian bertahun – tahun. Setelah selesai pemakaian, cobalah usapkan dengan tisu atau kain untuk membersihkannya dari debu. Terutama pada bagian sirkulasi udara.

7. Gunakan coolpad (kipas pendingin di bawah laptop)

Walaupun laptop sudah dilengkapi kipas pendingin prosesor di dalam laptop, Kita harus menggunakan pendingin tambahan seperti coolpad (kipas dudukan laptop) untuk mengurangi temperatur suhu panas yang berlebihan.

Cara ini sangat berguna untuk merawat kesehatan hardisk dan komponen penting di dalam laptop seperti prosesor, moterboard dan sebagainya.

8. Gunakan tools pendukung untuk menjaga performa laptop

Untuk merawat laptop agar awet tak harus selalu memperhatikan bagian luar fisiknya saja. Namun, Kita juga dapat menggunakan bantuan tools pendukung. Diantaranya:

  • Software hardisk sentinel untuk memantau temperatur suhu laptop
  • Disk deftrag untuk menjaga performa hardisk
  • Menginstall antivirus untuk mencegah serangan virus yang akan meningkatkan kinerja laptop dan berdampak pada peningkatan temperatur laptop
  • Disk clean up untuk menjaga performa kinerja laptop

Walaupun cara ini sederhana, langkah ini dapat membantu menstabilkan kinerja laptop sehingga usia laptop dapat bertahan lama.

9. Pantau selalu status penggunaan baterai

Salah satu cara merawat laptop yang baik diantaranya jangan lupa untuk selalu memantau kondisi status baterai laptop. Cek persentase yang ditampikan pada bagian taskbar.

Jika baterai laptop sudah menunjukkan angka 20%, sebaiknya lakukan charge dengan segera. Kemudian, jika proses charge telah mencapai angka 95%, cabut kabel charge. Dengan begitu, baterai laptop akan awet walaupun digunakan bertahun – tahun.

10. Jauhkan laptop dari benturan

Kompinen hardware laptop sangat sensitif sekali dengan benturan sekecil apapun. Terutama bagian prosesor dan hardisk. Contohnya saja hardisk, jika terlalu banyak menerima benturan, bisa saja sector hardisk akan mengalami kerusakan parah. Akibatnya dapat di dalam hardisk tak akan bisa diselamatkan lagi.

Karena itu, cara merawat laptop yang baik adalah dengan menempatkan laptop pada tempat yang aman dari benturan. Jika di dalam tas, pastikan tas tersebut memiliki cukup busa untuk meredam benturan.

11. Jangan biarkan laptop mati secara mendadak

Biasanya hal ini seringkali terjadi ketika seorang pengguna lupa untuk mengisi daya baterai laptop. Jika hal ini sering terjadi, bukan hanya menimbulkan kerusakan pada beterai. Namun juga akan menimbulkan kerusakan pada hardisk.

12. Buat pengaturan layar agar tidak terlalu cerah

Selain untuk menjaga kesehatan mata, cara merawat laptop yang satu ini juga jangan sampai Kami lewatkan. Manfaatnya yakni, selain menjaga usia baterai, manfaat lainnya yakni layar LCD menjadi lebih awet.

Pada dasarnya untuk merawat laptop baru agar lebih awet tahan lama walaupun digunakan bertahun – tahun kuncinya ada pada kebiasaan yang Kita lakukan sendiri. Jika Kamu tidak mengabaikan 12 point penting di atas, bukan tidak mungkin usia laptop akan awet hingga 5 – 8 tahun pemakaian.

Tinggalkan komentar