Booting Windows 10 Lama Sekali

Booting Windows 10 Lama Sekali? Lakukan 7 Tips Berikut

Diposting pada

Terlepas dari spesifikasi laptop yang kurang mumpuni untuk menggunakan Windows 10, dalam kondisi normal proses booting Windows 10 seharusnya hanya membutuhkan waktu sekitar 5 detik hingga 15 detik. Namun, jika melebihi waktu tersebut bisa disimpulkan laptop yang Kamu gunakan bermasalah.

Ada banyak faktor yang mendasari kenapa proses booting Windows 10 lama sekali, diantaranya disebabkan penggunaan hardware dengan spesifikasi yang minim, terlalu banyak aplikasi bloatware yang jalan, laptop terinfeksi virus komputer dan sebagainya.

Lantas, solusinya bagaimana?

Cara mempercepat booting windows 10 64 bit

Saya sendiri menggunakan Windows 10 Pro 64 bit dengan spesifikasi RAM hanya 2GB. Spesifikasi ini masih jauh dari kata mumpuni untuk menggunakan Windows 10.

Namun proses booting hanya berjalan hanya selama 5 detik saja. Rahasianya apa ? Jangan biarkan produktivitas terhambat dan membuatmu emosi hanya karena menunggu proses booting Windows 10. Lakukan beberapa tips berikut:

1. Ganti hardisk ke SSD

Jika Kamu ingin mendapatkan hasil performa terbaik ketika menggunakan Windows 10, ganti segera disk penyimpanan data dari hardisk ke SSD. Banyak orang merekomendasikan ini dan Saya sudah melakukannya.

Inilah rahasia untuk mempercepat booting windows 10 yang lama sekali. Karena pada dasarnya file Windows 10 64 bit memiliki banyak data yang harus diakses, ada sekitar 20GB.

Dibutuhkan disk performa tinggi untuk membaca file tersebut dalam waktu cepat. Hardisk terbaik pun hanya mampu melakukan proses “read” antara 50MB/s – 300MB/s saja. Sedangkan SSD bisa 10x – 100x lipat dari hardisk biasa.

Carilah SSD yang memiliki kecepatan “read” yang tinggi, salahnya satunya produk dari Gigabyte di bawah ini:

SSD Gygabyte 240GB

2. Tingkatkan penggunaan RAM

System requitment Windows 10 pada dasarnya hanya membutuhkan spesifikasi RAM 1GB untuk 32bit dan 2GB untuk 64bit dengan kecepatan prosessor 1GHz.

Namun, jika Kamu hanya menggunakan spesifikasi RAM yang pas – pasan ditambah dengan disk penyimpanan data hanya menggunakan hardisk, maka jangan berharap mendapatkan kecepatan booting windows 10 yang instan.

Solusinya, segera tingkatkan kapasistas RAM minimal ke 4GB dan ganti hardisk menjadi SSD.

3. Menonaktifkan program startup yang tidak terlalu penting

Perlu diketahui, program startup ini akan berjalan pada system Windows 10 pada saat bersamaan setelah Kita menekan tombol power untuk menghidupkan laptop. Semakin banyak program startup yang ada, maka proses booting akan terasa lama.

Tidak semua proragm startup harus dinonaktifkan. Karena diantaranya ada yang sangat penting seperti driver GPU, sound, antivirus dan sebagainya.

Namun, ada beberapa program startup yang tidak memiliki manfaat sama sekali dan cenderung menurunkan performa laptop seperti Microsoft one drive, internet download manager dan sebagainya. Baiknya program startup seperti ini dinonaktifkan atau hapus.

Adapun langkah cara mengurangi startup windows 10 sebagai berikut:

  • Klik kanan pada taskbar dan pilih task manager
  • Pilih tab startup
  • Selanjutnya, pilih program startup yang ingin dinonaktifkan. Klik kanan dan pilih disable
    Menonaktifkan aplikasi startup di windows 10

Kamu juga dapat menggunakan bantuan tools bernama CCleaner untuk menghapus program startup. Namun, disable CCleaner di task manager agar tidak berjalan bersamaan pada proses booting Windows 10.

4. Mengaktifkan fitur fast startup

Masalah booting Windows 10 lama sekali bisa diatasi dengan mengaktifkan fitur fast startup yang sudah disediakan pada Windows 10. Jadi, pastikan fitur ini dalam kondisi sedang aktif.

Langkah – langkah untuk mengaktifkan fitur fast startup Windows 10:

  • Ketik di kolom pencarian pada taskbar Windows 10 dengan kata kunci, Power Options
  • Perhatikan di bagian sisi kiri menu, klik tulisan Choose what the power buttons do
    cara mempercepat booting windows 10
  • Selanjutnya, pastikan pada tulisan Turn on fast star-up (recommended) dicentang
    cara mempercepat booting windows 10

Jika Kamu baru saja mengaktifkan fitur fast startup Windows 10 di atas, selanjutnya restart laptop.

5. Kurangi batas waktu menu booting

Windows 10 memberikan angka default waktu menu booting selama 20 detik. Waktu tersebut dapat dipergunakan oleh Kita untuk mengakses BIOS, masuk ke system safe mode dans sebagainya.

Adapun cara mempercepat booting win 10 yakni dengan mengurangi batas waktu booting tersebut. Ubah selama 5 detik. Waktu tersebut sudah cukup bagi Kita untuk masuk ke mode BIOS, melakukan backup data melalui menu safe mode dan sebagainya.

Langkah – langkahnya:

  • Klik kanan pada start menu Windows 10, pilih System
  • Atau bisa juga melalui menu Windows Explorer, klik kanan pada my computer dan pilih properties
  • Pilih Advanced System Setting
  • Pilih tab Advanced, Selanjutnya di bagian bawah pada tulisan Startup and Recovery, pilih Settings
    mengurangi startup windows 10
  • Ubah menjadi angka 5 detik
    mengurangi startup windows 10 64 bit

Restart komputer/laptop jika sudah melakukannya.

6. Nonaktifkan thema dan fitur visual effect

Fitur thema dan visual effect dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna Windows 10. Beberapa fitur tersebut diantaranya memberikan effect transparant, animasi shadow dan sebagainya.

Bagi pengguna Windows 10 dengan spesifikasi tinggi, tak begitu menimbulkan masalah dengan fitur tersebut. Namun, jika spesifikasi laptop yang digunakan pas pasan, maka akan menimbulkan masalah kinerja laptop akan melambat.

Langkah mempercepat booting win 10 dengan msconfig:

  • Ketik msconfig pada icon pencarian di tasbar
  • Dibagian tab services, uncentang pada thema
  • Restart laptop
Mempercepat booting windows 10

Selanjutnya untuk menonaktifkan fitur visual effect, langkah – langkahnya sebagai berikut:

  • Klik kanan pada start menu Windows 10, pilih System
  • Pilih Advanced System Setting
  • Pilih tab Advanced, Selanjutnya di bagian Performance, pilih Settings
  • Ubah pengaturannya seperti pada gambar di bawah ini
Mengatasi laptop windows 10 agar tidak lemot

7. Pastikan laptop terbebas dari virus komputer

Eset internet security

Jika booting windows 10 lama sekali, bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh kehadiran virus komputer yang sudah menginfeksi banyak aplikasi. Virus komputer biasanya menduplikasi dan menyusup di aplikasi yang telah Kita install dan dapat memperlambat kinerja Windows 10.

Maka dari itu, pastikan di laptop yang Kamu gunakan sudah terpasang antivirus terbaru. Jika menggunakan Windows Defender, pastikan untuk selalu melakukan update secara rutin. Saya sendiri menggunakan Eset Internet Security.

Jangan lupa dibaca ya: tindakan yang wajib dilakukan agar baterai laptop awet hingga bertahun-tahun.

Selain melakukan beberapa cara diatas, yang tak kalah pentingnya untuk mempercepat booting windows 10 64 bit semakin cepat yakni dengan melakukan update Windows 10 secara berkala. Karena file terbaru akan memperbaiki bug pada file sebelumnya.

Semoga tulisan ini dapat menyelesaikan permasalahan yang Kamu alami. Apakah Kamu memiliki solusi lainnya? Katakan di kolom komentar tulisan ini ya…

Iyanto Raditya
Profile penulis: Seorang blogger dan youtuber setengah profesional sekaligus master SEO kaleng kaleng kelahiran Bangka Belitung yang ga' bisa tidur kalau belum pageone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.