Cara Memilih Baterai Laptop Bekas Yang Masih Bagus

3 Cara Memilih Baterai Laptop Bekas Yang Masih Bagus

Diposting pada

Sepertinya bukan ide terbaik jika terpikirkan oleh Kamu untuk membeli baterai laptop bekas. Karena pada dasarnya baterai bekas sudah dikatakan tidak layak pakai. Cell daya penyimpanan dan zat kimia di dalam baterai laptop sudah tidak normal seperti dalam kondisi baru.

Namun jika tujuan dari pembelian baterai laptop bekas digunakan untuk keperluan pembuatan powerbank, lampu senter, lampu sorot emergency dan sebagainya, maka membeli baterai laptop bekas bisa jadi alternatif karena harga per satuannya yang murah di kisaran Rp 8.000,- hingga Rp Rp 20.000,- per satuan cell baterai.

1. Jangan beli baterai laptop bekas dalam kondisi utuh

Baterai laptop bekas dalam kondisi utuh pada dasarnya sudah tidak bisa digunakan lagi. Namun biasanya, tidak semua cell baterai mengalami kerusakan. paling tidak ada 1 atau 2 cell baterai yang masih dapat digunakan dari total baterai yang biasanya berjumlah 8 buah.

2. Setelah di charger 90%, cek pemakaian, tahan berapa lama

Apabila kamu ingin membelinya dalam kondisi utuh, sebaiknya lakukan standar pengecekan dengan cara melakukan charger pada baterai tersebut selama 1 – 2 jam. Selanjutnya, gunakanlah baterai tersebut.

Setelah Kamu gunakan, kira – kira tahan berapa lama ? Jika durasi pemakaian hanya mampu bertahan kurang dari 1 jam pemakaian normal, sebaiknya jangan dibeli jika Kamu ingin menggunakannya untuk laptop.

Namun jika baterai tersebut akan digunakan untuk keperluan pembuatan lampu sorot, power bank dan sebagainya, cukup dikatakan layak untuk dibeli.

3. Bongkar dan lakukan cek tampilan secara fisik

Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah dengan membongkar baterai laptop dan lakukan pensortiran. Ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan untuk memilih baterai laptop bekas dalam kondisi layak pakai, diantaranya sebagai berikut:

  • Perhatikan tampilan fisik apakah kondisi dari baterai masih bagus ?,
  • Lihatlah tampilan fisik pada bagian kulit pembungkus baterai, apakah ada tanda bewarna hitam ? Jika ada, itu bearti baterai laptop sudah bocor dan rusak tidak bisa digunakan lagi,
  • Jika baterai laptop bekas sudah terlihat menggelembung, hal itu sebagai petanda bahwa baterai pernah overcharging, sehingga sudah tidak layak

Nah, itulah beberapa cara memilih baterai laptop bekas yang masih bagus yang dapat Kamu lakukan. Saran dari Saya, sebaiknya tidak menggunakan baterai bekas untuk dipasang di laptop.

Karena resikonya sangat tinggi sekali.

Ada kemungkinan baterai tersebut nantinya akan menggelembung, bahkan hingga dapat menimbulkan konsleting aliran listrik dan terjadi ledakan kecil. Jika itu terjadi, laptop akan mengalami kerusakan parah. Karena motherboard dan hardisk bisa saja konslet terbakar.

Iyanto Raditya
Profile penulis: Seorang blogger dan youtuber setengah profesional sekaligus master SEO kaleng kaleng kelahiran Bangka Belitung yang ga' bisa tidur kalau belum pageone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.