3 Cara Memilih Laptop Dengan Spesifikasi Bagus dan Berkualitas

Untuk mendapatkan laptop dengan spesifikasi bagus dan berkualitas tentunya harus mempersiapkan budget yang tinggi. Paling tidak dana yang harus dipersiapkan saat ini sekitar 6 juta hingga 10 juta rupiah. Jauh di atasnya, tentu saja lebih baik.

Karena bicara soal perangkat elektronik, harga dapat menentukan kualitas dari barang. Walaupun tidak selamanya benar. Namun, lebih dominan demikian. Semakin mahal, tentu perangkat elektronik tersebut semakin bagus dan berkualitas.

Selain mempersiapkan budget dengan jumlah nominal tertentu, menurut Saya masih ada beberapa point penting lainnya yang harus diperhatikan seperti mempertimbangkan penggunaan Prosesor, RAM, Card Graphic, type penyimpanan data dan tampilan fisik. Namun kesemuanya tak bisa juga lepas dari kebutuhan seseorang dalam menggunakan laptop.

Adapun uraiannya sebagai berikut:

Tentukan pilihan berdasarkan kebutuhan

Jika Kamu mencari laptop dengan spesifikasi bagus dan berkualitas, maka carilah laptop dengan harga yang paling mahal dan keluaran versi terbaru. Karena seperti yang sudah Saya katakan sebelumnya, jika laptop semakin mahal tertentu saja spesifikasinya semakin tinggi .

Maka dari itu kata “bagus dan berkualitas” memiliki arti yang berbeda – beda untuk setiap orang.

Ada yang bagus untuk kalangan pelajar, mahasiswa, gamer, editing grafis, pegawai kantoran, pelaku bisnis online dan sebagainya. Sehingga, lebih tepatnya carilah laptop berdasarkan kebutuhan mu saat ini.

Sebagai contoh, berikut ini adalah pilihan terbaik jika laptop nantinya akan digunakan oleh kalangan pelajar:

  • Merk dan type: Lenovo V130-14IKB 3867U
  • Harga pasaran kondisi baru: 3,8 juta – 4,3 juta
  • Layar: 14 inci HD
  • Processor: Intel Celeron 3867U
  • Graphic Card: Intel HD Graphics 610
  • RAM: 2 GB or 4 GB DDR4
  • Storage: 500 GB HDD
  • Konektivitas: Wifi 802.11 a/c
  • Port: HDMI port, 2x USB 3.0
  • Baterai: 2 Cell 30 Whr

Spesifikasi di atas sudah dikatakan bagus dan berkualitas untuk kalangan pelajar. Namun, jika pilihan di atas ditujukan untuk kalangan gamer atau design grafis, dengan spesifikasi di atas sangatlah tidak layak.

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang mesti Kita pertimbangkan ketika memilih laptop bagus dan berkualitas. Diantaranya dengan memperhatikan besaran resources yang digunakan dan tampilan fisik. Diantaranya:

  • Tentukan pilihan berdasarkan type prosesor. Jika memilih intel prosesor paling tidak harus memilih generasi i5 dengan kecepatan prosesor di atas 2,5 GHZ. Jika memilih AMD, pilih di atas AMD FX di atas 4500 dengan kecepatan prosesor di atas 2,8 GHZ
  • Pilihlah berdasarkan ukuran layar, minimal 14 inci HD
  • Pilihlah berdasarkan kapasitas RAM yang digunakan, minimal 4 GB DDR4/DDR5 (lebih tinggi semakin baik)
  • Pilihlah berdasarkan kapasitas dan merk graphic card, minimal 1 GB Intel HD Graphics atau 1 GB Radeon, Nvidia dan Geforce
  • Menggunakan SSD jauh lebih baik ketimbang HDD, hanya saja SSD jauh lebih mahal 2 – 3 kali lipat daripada HDD

Berdasarkan spesifikasi di atas dengan harga dikisaran 5 juta – 6 juta rupiah, sudah cukup mumpuni jika digunakan untuk mendukung aktivitas editing menggunakan aplikasi grafis seperti Photoshop, Corel dan, Adobe Flash CS6.

Jika ingin mendapatkan kecepatan lebih baik, tingkatkan saja penggunaan dari beberapa point yang sudah Saya sebutkan di atas. Misalnya, yang tadinya RAM cuma 4 GB DDR 4, tingkatkan menjadi 8 GB atau 16 GB DDR4/5.

Hanya saja, Kamu harus mengeluarkan budget lebih dari biasanya.

Memilih laptop berdasarkan merk

Pertimbangan selanjutnya dalam memilih laptop bagus dan berkualitas dapat ditentukan berdasarkan merk laptop. Banyak orang merekomendasikan untuk memilih merk Asus, Acer, Lenovo dan Toshiba.

Alasannya dikarenakan awet jika digunakan dalam jangka waku lama, paling tidak mampu bertahan hingga 7 – 10 tahun dalam kondisi pemakaian normal, harga jual tidak turun jauh, spare part yang mudah ditemukan dan layanan jasa service dari vendor laptop sudah ada di berbagai kota di Indonesia.

Memilih laptop berdasarkan kebutuhan atau budget ?

Dalam hal ini terkadang membuat Kita merasa kebingungan ketika ingin memilih laptop. Biasanya disebabkan oleh kebutuhan yang tinggi, namun budget yang tersedia sangat minim.

Jika Kamu menemukan masalah ini, ada 2 pilihan yang dapat Kamu lakukan yakni menurunkan kebutuhan atau menaikkan budget pengeluaran. Jika dari segi kebutuhan tak bisa diturunkan, maka mau tidak mau Kamu harus meningkaktan budget pengeluaran.

Kesimpulan, itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika ingin memilih laptop dengan spesifikasi bagus dan berkualitas. Selebihnya jika ingin mendapatkan hasil dengan perfoma yang lebih oke, tingkatkan saja pada pilihan penggunaan resources. Hanya saja, Kamu harus mengeluarkan budget lebih.

Tinggalkan komentar