Mengisi Baterai Ponsel di Laptop dengan Cepat, Ini dia Caranya !

Ketika seseorang asyik dengan kesibukannya menggunakan laptop dan ponsel dalam urusan pekerjaan, mengerjakan tugas harian, bermain game dan sebagainya terkadang tak memiliki waktu untuk mengisi daya baterai ponsel dan menunggunya hingga penuh di tempat colokan listrik.

Satu – satunya solusi yang sering dilakukan oleh banyak orang yakni melakukan charge ponsel di laptop dengan menghubungkannya melalui kabel USB ke smartphone.

Sayangnya, cara tersebut terkadang seringkali dikeluhkan disebabkan charge hp lewat laptop lama penuhnya.

Hal itu wajar saja, karena penyebab utama lambat penuhnya dikarenakan power output yang disalurkan melalui port USB 2.0 hanya berkisar antara 0,4 – 0,6 ampere atau setara dengan 400 mA – 600 mA saja. Padahal, smartphone membutuhkan daya ideal sebesar 0,15 ampere atau 1.000 mA – 1.500 mA.

Bagaimana cara mempercepat cas hp di laptop dengan aman ? adaa 3 hal yang dapat Kita lakukan. Diantaranya yakni:

1. Gunakan kabel fast charge

Kabel fast charge tak sama dengan kabel USB pada umumnya. Karena terbuat dari komponen serat optik khusus yang mendukung transmisi aliran listrik lebih tinggi 40% lebih cepat dibandingkan dengan kabel USB biasa.

Tentu saja harga kabel fast charge ini bisa dikatakan lumayan mahal. Kabel aslinya dapat mencapai 160 ribu – 250ribu rupiah.

Jika Kamu ingin menggunakan kabel ini untuk mengisi daya baterai ponsel melalui USB laptop, pastikan laptop yang Kamu gunakan port USB nya telah mendukung port USB 3.0. Jika tidak, transmisi aliran listrik tetap normal seperti kabel USB biasa.

2. Laptop telah mendukung USB fast charge

Tak semua laptop memiliki fitur ini. Pada umumnya laptop versi jadul memiliki port USB type 2.0. Type port ini hanya mampu mengeluarkan daya output aliran listrik hanya sebesar 400 mAh – 500 mAh saja.

Sehingga, jika digunakan untuk charge ponsel tentunya baterai ponsel lambat terisi.

Sedangkan laptop versi terbaru kebanyakan telah mendukung port USB 3.0 yang mampu mengeluarkan output listrik hingga 900 mAh.

Bukan cuma itu saja, laptop kekinian telah dilengkapi fitur USB fast charge. Fitur ini biasanya disediakan port khusus dilaptop dan dipisahkan dari port USB biasa. Dengan fitur ini, seseora ng dapat melakukan charge ponsel dengan cepat seperti melakukan charge pada aliran listrik.

Bahkan, jika digabungkan dengan kabel fast charge transmisi aliran listrik akan semakin cepat untuk mengisi baterai ponsel. Dengan catatan, ponsel Kamu siap menerima daya tinggi.

3. Aktifkan mode pesawat

Sepertinya ini bukanlah solusi terbaik karena pada umumnya Kita akan menggunakan ponsel ketika proses charge sedang berlangsung. Namun sangat berguna untuk mempercepat proses pengisian baterai hp.

Mode pesawat bertujuan untuk menghemat daya yang keluar sia – sia.

Jika hal ini tidak ingin Kamu lakukan, untuk sementara waktu hingga proses charge selesai sebaiknya nonaktifkan fitur GPS, aplikasi yang tidak digunakan dan mematikan layar ponsel.

Nah, itulah solusi yang dapat Kamu gunakan untuk mempercepat pengisian baterai ponsel di laptop dengan aman tanpa merusak baterai dan smartphone yang Kamu gunakan.

Tinggalkan komentar