Kelengkapan Laptop Baru

Ini dia, 6 Kelengkapan Laptop Baru yang Harus Ada

Diposting pada

Kelengkapan laptop apa saja? pertanyaan ini biasanya diungkapkan oleh seseorang yang ingin membeli laptop baru dengan tujuan untuk mengantisipasi agar tidak tertipu oleh si penjual dan mendapatkan laptop sesuai dengan semestinya.

Dulunya Saya juga seperti itu, mungkin saat ini Kamu juga memiliki pertanyaan demikian. Jangan sampai karena ketidaktahuan setibanya dirumah atau dikemudian hari Kamu baru menyadari bahwa ada yang kurang dari laptop yang telah dibeli.

Pastikan Kamu memperhatikan dan mengecek kelengkapan laptop baru yang harus ada berikut ini:

1. Laptop dan komponen hardware di dalamnya

Jika membeli laptop baru pastinya Kita akan mendapatkan laptop. Pertanyaannya, apakah laptop tersebut sesuai dengan spesifikasi yang tertulis pada browsur? Maka dari itu, yang harus Kita lakukan yakni dengan melakukan pengecekan sebelum membeli.

Bisa jadi, ada salah dalam pengetikan atau justeru disengaja.

Apa saja yang harus dicek? pastikan sesuai dengan apa yang tertulis di browser dan lakukan pengecekan hardware di dalamnya seperti:

  • Penggunaan prosessor
  • GPU atau card grafis
  • RAM
  • Chipset mainboard
  • dan sebagainya

Cara melakukan pengecekan spesifikasi laptop, ikuti panduannya pada video berikut:

Kelengkapan laptop lainnya juga meliputi banyak hal seperti:

  • Baterai
  • DVD drive
  • Fitur pendukung konektivitas
  • dan sebagainya

2. Charger baterai

Charger baterai merupakan kelengkapan laptop baru yang harus ada. Fungsinya untuk mengisi daya baterai laptop yang Kamu gunakan. Pastikan Kamu mendapatkan charger laptop original, bukan produk tiruan.

Untuk mengenalinya, perhatikan segel produk dan serial number charger. Charger original memiliki keduanya. Selain itu, charger asli juga masih di bungkus dalam plastik rapi.

3. Kartu garansi laptop

Kartu garansi merupakan syarat wajib yang harus ada pada laptop baru. Kartu ini nantinya sangat berfungsi untuk claim garansi laptop ketika terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan produksi. Pastikan Kamu mengeceknya.

Paling tidak masa garansi laptop yang diberikan minimal 1 tahun pemakaian. Tanyakan kepad penjualnya juga, bagaimana proses claim garansi jika laptop mengalami kerusakan.

4. Box laptop

Laptop baru dan resmi tentunya memiliki box beserta pembungkus plastik khusus untuk menutupi laptop. Jika laptop baru tidak memiliki box, bisa jadi laptop tersebut merupakan produk ilegal atau black market.

Kamu juga harus memperhatikan kondisi box, apakah masih dalam kondisi bagus atau sudah rusak. Di dalam box juga biasanya tersedia buku panduan laptop.

5. DVD driver

DVD driver berisikan sekumpulan program yang dapat dapat diinstall ke dalam Operating System untuk mengoptimalkan kinerja hardware. Tanpada adanya driver yang terinstall, hardware laptop tidak akan berfungsi dengan baik.

Pastikan bahwa Kamu mendapatkan DVD driver bersamaan dengan pembelian. Hanya saja, laptop keluaran terbaru saat ini tidak dibekali DVD driver. Segala aplikasi sudah tertanam di disk penyimpanan data.

Jadi, Kamu harus membackup driver tersebut sebelum setelah membeli laptop sebelum menggunakannya. Kemudian, melakukan restore jika sewaktu – waktu driver di laptop bermasalah.

6. Bonus pendukung

Pada umumnya, ketika Kita membeli laptop baru pastikan akan mendapatkan beragam macam bonus menarik. Setiap jenis laptop akan mendapatkan bonus yang berbeda – beda. Namun pada kebanyakan akan memberikan bonus berupa tas laptop, mouse dan sebagainya.

Sekarang, Kamu sudah mengetahui apa saja kelengkapan laptop baru yang harus ada. Sehingga tak perlu kuatir lagi ada perasaan takut tertipu atau hal lainnya.

Jangan lupa juga untuk membaca: jika ingin membeli laptop baru, berhatikan 9 hal berikut.

Iyanto Raditya
Profile penulis: Seorang blogger dan youtuber setengah profesional sekaligus master SEO kaleng kaleng kelahiran Bangka Belitung yang ga' bisa tidur kalau belum pageone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.