Selain Usia Pemakaian, Inilah 4 Penyebab Hardisk Laptop Rusak

Kerusakan pada hardisk laptop dapat merugikan penggunanya, salah satunya si pengguna akan mengalami banyak kehilangan beragam data – data penting. Saya sendiri pernah mengalami masalah tersebut. File data video, dukumen, musik, project channel youtube dan sebagainya hilang seketika itu juga.

Faktor usia pemakaian memang tak dapat dicegah. Idealnya usia hardisk memang dirancang untuk pemakaian normal selama 4 tahun – 5 tahun lamanya. Selebihnya performa hardisk laptop akan menurun.

Selain faktor usia pemakaian, masih ada faktor lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk laptop yang Kita gunakan. Setidaknya dengan mengetahui hal ini, langkah berikutnya kita dapat mengambil tindakan pencegahan untuk memperlambat kerusakan itu terjadi.

Berikut 5 penyebab hardisk laptop rusak

Diantara beberapa penyebab kerusakan yang terjadi pada hardisk laptop berikut ini, diantaranya tanpa disadari seringkali Kita lakukan. Berikut ulasannya:

1. Mengalami panas berlebihan terlalu sering (overheating)

Temperature suhu hardisk.

Layaknya seperti perangkat elektronik lainnya, hardisk laptop juga sangat rentan dengan kondisi panas berlebih. Jika berlangsung secara terus menerus, ada kemungkinan sector pada cakram hardisk akan mengalami kerusakan.

Panas tersebut biasanya dihasilkan dari perputaran cakram, aliran energi listrik, pengaruh temperatur bagian dalam laptop dan sebagainya. Idealnya, suhu hardisk berada di antara 35 derajat – 40 derajat.

Untuk menjaganya tetap stabil, ada baiknya menggunakan kipas pendingin tambahan di bagian bawah laptop.

2. Pasokan listrik yang tidak stabil atau terhenti mendadak

Voltase tegangan listrik yang masuk ke hardisk laptop sangat mempengaruhi kondisi kesehatan disk penyimpanan data tersebut. Jika pasokan listrik tidak stabil, perubahan perputaran cakram hardisk dapat terjadi sewaktu. Mungkin saja akan terjadi konsleting.

Selain itu, jika aliran listrik terhenti secara mendadak misalnya seperti mematikan laptop tanpa prosedur shutdown disebabkan kerusakan pada baterai yang tak mampu menyimpan daya, maka akibatnya goresan pada cakram hardisk laptop bisa saja terjadi kapanpun.

3. Terbentur atau disebabkan karena terjatuh

Saya sendiri pernah membongkar hardisk laptop. Ternyata di dalamnya ada banyak sekali komponen kecil yang sangat sensitive dengan benturan. Jika bergeser sedikit saja, maka akan mempengaruhi komponen lainnya.

Contohnya saja, Slider merupakan komponen hardisk laptop dengan fungsinya untuk “baca tulis” pada cakram disk. Jika slider tergeser terpaksa, maka cakram disk akan tergores. Jika ini terjadi sector disk bisa jadi rusak di beberapa bagian yang menimbulkan masalah bad sector.

Jika Kamu sering membawa laptop berpergian jauh dan memasukkannya ke dalam tas, pastikan tas tersebut memiliki busa pengaman agar hardisk terhindari dari guncangan kuat.

4. Sering melakukan format disk dan install ulang

Melakukan install ulang laptop memang dapat menyelesaikan beberapa masalah seperti menghilangkan virus komputer, menormalkan kinerja laptop dan sebagainya.Namun ternyata, hal itu dapat menjadi penyebab hardisk laptop rusak.

Sebenarnya tak ada masalah jika itu Kamu lakukan.

Hanya saja ketika proses install ulang berlangsung, suhu hardisk akan meningkat berlipat – lipat. Hal itu dikarenakan putaran cakram disk semakin cepat karena proses penghapusan, penulisan, format dan sebagainya. Kondisi inilah yang dapat merusak komponen di bagian dalam hardisk seperi slider, cakram fisik dan sebagainya menjadi rusak.

Maka dari itu, sebaiknya perhatikan temperatur suhu hardisk sebelum proses installasi laptop berlangsung.

Baca juga yuk: ciri ciri hardisk laptop mau rusak.

Nah, sekarang Kamu sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab hardisk laptop rusak. Faktor usia pemakaian memang tidak dapat dicegah. Namun, ke-4 faktor lainnya masih bisa Kita cegah.

Maka dari itu, gunakanlah laptop sewajarnya saja. Jika temperatur suhu sudah panas, sebaiknya istirahatkan sejenak untuk menghindari beragam kerusakan yang terjadi.

Tinggalkan komentar