12 Robot Hewan Tercanggih Terinspirasi Dari Hewan, Begitu Menakjubkan !

Beberapa jenis hewan memiliki kemampuan yang lebih baik dari manusia. Misalnya saja kemampuan terbang, berenang, berjalan dan berlari lebih cepat, menyelam dan kemampuan unik lainnya.

Maka dari itu, tak heran jika banyak ilmuan di beberapa negara di dunia tertarik untuk menciptakan beragam robot canggih menyerupai hewan dengan tujuan untuk penelitian, alat pemantauan dan perbaikan, sarana bermain, unjuk kebolehan dan sebagainya.

Beragam robot tersebut diantaranya berupa robot anjing, kucing, ular, ikan, serangga dan sebagainya. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Yume neko smile si robot kucing

Yume neko smile si robot kucing

Robot canggih yang satu ini memang benar benar mirip sekali dengan kucing sungguhan. Bukan hanya dari sisi tampilannya saja yang serupa.

Namun segala prilaku dan tingkah dari si robot memang dirancang menyerupai prilaku hewan lucu dan menggemaskan tersebut. Bahkan, kucing asli pun bisa terkecoh dibuatnya dan menganggap si robot bagian dari mereka.

Pada dasarnya robot kucing ini diciptakan untuk keperluan menemani lansia di hari tuanya. Namun, robot ini dapat dimiliki oleh siapa saja.

Nah, bagi kamu penyuka hewan imut dan menggemaskan si kucing, maka tak ada salahnya untuk memilikinya.

2. Scorpion hexapod robot

Scorpion hexapod robot

Tubuh hewan robot ini dirancang oleh para ilmuan benar benar mirip dengan fungsinya. Walaupun tak begitu mirip karena ukurannya mencapai 3 – 6 kali kalajengking sungguhan, namun prilaku robot ini benar benar mirip dengan hewan kalajengking.

Yups.. robot scorpion begitu agresif dengan 6 kaki sangat sensitif dengan sentuhan dan rangsangan dari lingkungan sekitar. Ketika ia merasa terusik, maka ekornya akan mengenai kita.

Bahkan kekuatan ekornya, mampu membuat kulit kita menjadi memar. Walaupun cuma sebatas robot, pergerakannya cukup lincah seperti hewan sunguhan.

3. Alpha dog

Alpha dog

Robot yang satu ini cukup tangguh gaes.. namanya robot anjing alfa. Kalau dilihat memang tak ada mirip miripnya dengan anjing, hanya terlihat rangkanya saja menyerupai anjing. Namun jika dinilai dari sisi prilakunya, alfa dog memang diciptakan oleh para ilmuan dengan karakter seperti anjing.

Alfa dog memang sengaja diciptakan dengan tujuan untuk membantu tentara di dalam medan pertempuran. Ia dapat mendeteksi ranjau musuh.

Kemampuannya diibaratkan bak indra penciuman si anjing. Padahal tidak begitu. Kemampuanya tersebut ada karena ia dilengkapi sensor canggih. Selain itu, fungsinya juga dapat membantu tentara untuk membara perlengkapan perang.

4. Miro si robot ikan

Miro si robot ikan

Bentuknya sangat mirip dengan ikan pada umumnya. Bukan cuma itu saja, pergerakan robot ikan di dalam air benar benar sungguhan mirip ikan asli. Jika kamu baru saja melihatnya, mungkin akan terkecoh apakah itu robot ikan atau ikan beneran.

Miro dikembangkan oleh perusahaan robotika di Korea Selatan. Pada umumnya, robot ini hanya diciptakan sebagai hewan peliharaan saja. Namun, miro akan terus dikembangkan menjadi robot pengintai dilengkapi dengan kamera mata mata yang dapat di kontrol melalui ponsel pintar.

5. Robot pinguin

Robot pinguin

Hewan robot canggih ini berhasil diciptakan oleh sebuah perusahaan teknologi vesto di Jerman dan memamerkannya di Hanover Messe Trade Exhibition kepada khalayak ramai.

Sesuai dengan namanya, robot penguin memiliki bentuk yang sama persis dengan hewan kutub tersebut. Bukan hanya bentuk saja yang mirip, namun, prilaku dan suaranya pun sama dengan hewan aslinya.

Perbedaannya adalah robot pengiun memiliki ketahanan fisik jauh lebih kuat, dilengkapi sensor suara dan memiliki kecepatan berenang di dalam air jauh lebih cepat dari pinguin aslinya.

Kecanggihan robot penguin bukan hanya itu saja, selain mampu menyelam dan berenang di dalam air, robot hewan ini juga mampu terbang di udara layaknya seperti burung.

6. Eelume si robot ular

Eelume si robot ular

Eelume adalah robot hewan tercanggih menyerupai hewan ular laut. Robot ini dikembangkan oleh Departemen Sastra dan Teknologi Universitas Norwegia dengan tujuan untuk memudahkan tugas manusia di dasar laut.

Peran robot ulat ini dapat melakukan pengawasan, perawatan, memonitoring, melaporkan dan memperbaiki berbagai elemen instalasi di dasar laut.

Kemampuannya itu dibekali sejumlah teknologi kamera bawah air dan pengontrol dari jarak jauh disertai peralatan canggih di tubuhnya.

Canggihnya robot ini dapat bergerak leluasa di bawah tekanan kedalaman air laut dan arus yang deras. Ia juga mampu menyelam hingga kedalaman 500 meter dan mampu bertahan selama 7 hari di dasar laut dengan kondisi derasnya arus di bawah laut.

7. Robobee

Robobee

Terinspirasi dari hewan lebah, sejumlah ilmuan di Wiss Institute menciptakan robot canggih bernama Robobees yang bearti robot lebah.

Ukurannya sangatlah imut dan super mini jika dibandingkan jenis robot lainnya. Hal ini dikarenakan robobee hanya memiliki berat 100 miligram saja. Jika kamu pernah melihat lebah, seperti itulah ukurannya.

Walaupun kecil, robobee dilengkapi dengan teknologi canggih berupa kamera pengintai tingkat tinggi dan sejumlah sensor agar disaat terbang ia tak menabrak objek disekitarnya.

Selain dengan tujuan pengintaian, robobee juga difungsikan dalam misi pencarian di medan yang sulit dijangkau, pengawasan, dan pemantauan kondisi cuaca serta di iklim disuatu daerah.

Bagaimana ? canggih bukan.

8. Aqua jelly si robot ubur ubur

Aqua%2Bjelly%2Bsi%2Brobot%2Bubur%2Bubur

Layaknya seperti ubur ubur, bentuk robot ini sangat mirip dengan hewan ubur ubur. Di mulai dari tentakelnya hingga bentuknya yang transparant jika berada di dalam air.

Robot ubur ubur memiliki berat 780 gram dan dilengkapi sejumlah tekonologi canggih berupa kamera pengintai, teknologi akrilik kedap air sehingga membuatnya mampu mengambang dan bergerak ke sana kemari seperti ubur ubur sungguhan, sinar infrared yang mampu berkomunikasi dengan robot ubur ubur lainnya dan sebagainya.

Tujuan utama robot ini diciptakan tidak lain untuk tujuan penelitian dasar laut, misalnya tentang keberadaan biota laut dan sebagainya.

9. Robot spider

Robot spider

Robot tercanggih terinspirasi dari hewan ini menyerupai laba laba yang dikembangkan oleh perusahaan robotika bernama Tobugtix. Mereka mengclaim bahwa robot laba laba yang mereka ciptakan 100% identik dengan bentuk asli laba laba sungguhan.

Bukan hanya itu saja, segala prilaku laba laba aslinya juga sudah diinput ke dalam robot. Jadi ia dapat bergerak ke sana kemari, bergelantungan, memanjat tembok dan sebagainya.

Kecanggihan robot laba laba ini dilengkapi dengan serpomotor untuk mengatur pergerakan robot agar setiap gerakannya seperti sungguhan. Spider robot juga dilengkapi dengan teknologi kontrol jarak jauh yang dapat diakses melalui smartphone, komputer atau tablet.

Yuk baca gaes: inilah daftar hewan langka di dunia yang terancam punah.

10. Robocrab

Robocrab

Selaku pencipta, Cramel yang pada saat itu berstatus sebagai mahasiswa mendapatkan penghargaan Enginering Program Standing Research Award berhasil menciptakan Robocrab melalui hasil pengamatannya dalam beberapa tahun.

Ia menciptakan robocrab dibekali dengan teknologi kedap air dan mampu berjalan di berbagai medan ekstrem seperti pasir pantai, bebatuan, di dalam air dan darat. Bahkan ketika tubuhnya terbalik, robot ini membalikkan tubuhnya sendiri ke posisi normal

Cramel selaku pencipta robot ini dengan tujuan untuk memudahkan tugas manusia dalam bidang pemantauan kondisi tekanan air , tekstur pasir dan tanah dasar laut dan sebagainya.

Teknologi robot ini juga dilengkapi sistem begitu canggih karena mampu dikontrol dari jarak jauh melalui perangkat elektronik seperi komputer dan ponsel pintar.

11. Pleurobot

Pleurobot

Jika dilihat dari bentuknya, hewan robot canggih ini mirip sekali dengan salamender.

Yups.. tepat sekali.

Sejumlah ilmuan asal Swiss di Politeknik Federal Acol berhasil menciptakan robot Pelurobot menyerupai hewan salamender.

Kecanggihan robot ini dilengkapi beragam sensor yang mampu mendeteksi benda apa saja di sekitarnya termasuk tubuh makhluk hidup dengan memberikan gambaran tentang struktur tubuh secara detail walaupun dalam kondisi gelap gulita sekalipun.

Yups.. kemampuannya benar benar mirip dengan hewan salamander sungguhan.

Tujuan diciptakan robot ini pada mulanya untuk membantu manusia untuk melakukan pemantauan di medan yang sulit dijangkau.

12. Airacuda

Robot selanjunya yakni terinspirasi dari hewan hiu. Kecanggihan robot ini dibekali sejumlah teknologi gabungan antara unsur kinematika dan perhitungan fisika serta matematis yang begitu rumit.

Selain itu untuk menunjang pergerakannya di dalam air dengan derasnya arus bawah laut, Airacuda dilengkapi dengan 4 otot pluit mekanis pada sirip dan ekornya serta tubuhnya yang tahan terhadap tekanan air.

Dengan begitu ia akan mampu bergerak bebas dan menyeimbangkan diri walaupun tekanan dan deras aliran air cukup kuat.

Ga baca nyesel banget lho: 9 robot tercantik dan tercanggih dilengkapi kemampuan Artifical Intelegence.

Sederhanya, Airacuda merupakan kapal selam berukuran mini karena teknologinya sama persis dengan kapal selam pada umumnya.

Nah, itulah beberapa robot hewan tercanggih yang terinsprasi dari hewan. Itu sih belum seberapa gaes, diluar sana masih banyak robot yang diciptakan oleh  sejumlah ilmuam yang belum disebutkan di dalam artikel ini, seperti robot semut, capung, katak dan sebagainya.

Wow banget kan ?

Oya jangan lupa subcribe situs ini ya.. dengan begitu kamu akan mendapatkan informasi terbaru dari aoglamedia melalui notifikasi email.

Tinggalkan komentar