Sering Ngecas Smartphone di Laptop, Bikin Cepat Rusak Ponsel, Benarkah?

Sepertinya bukan Saya sendiri yang memiliki pengalaman ngecas smartphone di laptop ketika sedang bermain game, menggunakan aplikasi sosial media dan nonton video di youtube melakukan telpon serta aktivitas mendesak lainnya.

Saya yakin Kamu pasti pernah melakukan hal serupa.

Mau gimana lagi, stop kontak untuk mengecas hp jauhnya bukan main. Tak ada waktu untuk mager di dinding menunggu baterai smartphone hingga terisi.

Solusi tercepat yang terpikirkan oleh Saya pada saat itu yakni menghubungkan kabel USB dari laptop ke smartphone Android.

Sekarang, kebiasaan itu sudah saya lupakan. Karena bahaya ngecas hp di laptop telah saya ketahui. Diantaranya sebagai berikut:

1. Akan membuat baterai smartphone cepat rusak

Sering Ngecas di laptop, Apa Merusak smartphone ?

Sebenarnya tidak.

Karena port USB di laptop hanya mengeluarkan arus listrik sebesar 0,5 – 0,8 ampere. Justeru hal ini akan membuat daya tahan baterai smartphone menjadi lebih awet.

Hanya saja dengan arus listrik sebesar itu, pengisian daya baterai hp/smartphone membutuhkan waktu hitungan jam lebih lambat dari biasanya.

Kondisi ini terkadang membuat Kita tidak sabaran menunggu baterai Hp terisi. Akhirnya, Kita akan menggunakannya sambil ngecarge. Karena komponen cel didalam baterai akan menyerap daya listrik menjadi tidak stabil.

2. Baterai laptop akan semakin cepat habis dan cepat rusak

Ketika pengisian daya baterai laptop terlalu sering, hal itu akan membuat siklus hidup atau usia baterai laptop akan semakin berkurang.

Ngecas hp melalui port USB akan menyebabkan daya baterai laptop akan cepat habis.

Walaupun arus yang dikeluarkan dari port USB sangat kecil, namun jika hal ini terlalu sering dilakukan maka lambat laun kualtias baterai laptop akan menurun.

3. Keamanan data smartphone tidak aman

Sebenarnya hal tidaklah masalah jika laptop yang Kamu gunakan terdapat sistem keamanan aktif seperti penggunaan antivirus, sistem proteksi windows defender jika Kamu menggunakan OS windows.

Namun, peretas dapat menggunakan metode handshake untuk untuk mencuri data data mu pada smartphone jika mengabaikan akan hal itu.

Saran dari saya, ketika Kamu hendak menghubungkan perangkat smartphone ke USB port laptop, sebaiknya jangan terlalu lama apalagi terhubung dengan jaringan internet.

Dan tidak membirkan smartphone terhubung ke laptop dalam keaadaan tidak terkunci.

4. Smartphone perlahan bisa saja rusak

Hal ini tidak akan terjadi jika kebiasaan sering ngecas hp di smartphone tidak sering dilakukan.

Ketika mengabaikannya, bisa saja hal itu terjadi kapan saja.

LCD layar dan komponen pada smartphone yang Kamu gunakan akan rusak.

Artikel bermanfaat lainnya: cara meningkatkan kinerja laptop bagi pengguna Windows 10.

Hal ini disebabkan karena ketidakstabilan arus listrik yang masuk ke dalam smartphone. Terkadang menggunakan charge, terkadang lagi menggunakan USB port untuk mengisi daya baterai laptop.

Itulah beberapa dampak buruk yang akan terjadi jika Kamu terlalu sering charge hp di laptop. Namun, jika hanya bertujuan untuk memindahkan data atau transfer data tak ada masalah. Saran saya sih, sebaiiknya gunakan teknologi bluetooth untuk memudahkan pekerjaan.

Tinggalkan komentar