Cara Menghilangkan Tinta Pulpen di Baju

4 Cara Menghilangkan Tinta Pulpen di Baju Putih

Diposting pada

Pada umumnya masalah noda tinta pulpen seringkali dikeluhkan oleh banyak ibu rumah tangga. Mereka kerapkali mendapatkan noda tinda pulpen pada seragam sekolah anak anak. Sebagai orang tua tentu saja kita tidak bisa memarahi mereka begitu saja, karena anak anak belum dapat menjaga kebersihan pakaian yang mereka gunakan.

Selain itu, masalah tersebut seringkali juga dialami oleh mereka yang menggunakan pakaian kemeja. Biasanya dialami oleh mahasiswa dan pegawai kantor. Noda tinta pulpen terkadang ditemukan pada saku depan.

Tak perlu kuatir jika kamu menemukan masalah seperti itu. Seragam sekolah anak dan kemeja kesayangan mu masih dapat diselamatkan dari noda tinta pulpen. Ada beberapa cara untuk menghilangkannya dengan segera. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Gunakan cuka

Jika kamu memiliki persediaan sari cuka di dapur, maka cuka dapat kamu gunakan untuk menghilangkan noda hitam di pakaian terutama baju lengan panjang dan kemeja serta seragam sekolah.

Berikut caranya:

  1. Basahi bagian baju yang terkena tinta pulpen dengan air bersih
  2. Sirami dengan sendok berisikan cairan cuka ke bagian baju yang terkena tinta pulpen tadi. Diamkan selama 10 menit
  3. Kemudian, gunakan sikat gigi untuk menyikat noda tinta pulpen. Lakukan secara perlahan lahan hingga noda tinta pulpen hilang
  4. Rendam baju dengan detergen cair selama 1 jam
  5. Bilas baju hingga bersih dan jemur

2. Cairan aseton

Biasanya cairan aseton ini seringkali digunakan sebagai cairan pembersih di dunia kecantikan untuk membersihkan kuku dan tinta kutek di kuku. Dengan cairan ini, kita juga dapat membersihkan noda tinta pulpen dengan cepat.

Adapun langkah langkahnya sebagai berikut:

  1. Basahi baju dengan air hangat
  2. Kemudian, sirami bagian baju yang terdapat tinta pulpen dengan cairan aseton
  3. Gunakan sikat gigi untuk menghilangkan noda tinta
  4. Diamkan selama 10 menit dan bilas baju dengan air bersih

Gunakan secara hati hati jika menggunakan cara ini, karena cairan aseton cukup tajam jika terkena kulit tangan. Selain itu, dengan cara serupa kamu juga dapat menggunakan cairan bayclin.

3. Gunakan Inkraiser

Jika dibandingkan dengan banyak cara untuk menghilangkan tinta pulpen di baju, cara ini salah satu cara lebih cepat yang dapat kamu gunakan tanpa merusak benang baju kesayangan mu. Kamu dapat membelinya di toko online untuk mendapatkan cairan inkraiser ini.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, langkah langkahnya sebagai berikut:

  1. Basahi pakaian dengan air bersih
  2. Teteskan pakaian noda tinta pulpen dengan cairan inkraiser. Gunakan sikat gigi untuk mempercepat proses menghilangkan noda tinta pulpen
  3. Sirami dengan air hangat dan bilas dengan air bersih

Cairan inkraiser juga dapat digunakan untuk menghilangkan tinta spidol pada pakaian.

4. Cairan alk0hol

Cairan alkoh0l yang dimaksud bukanlah minuman keras yang memabukkan. Kamu dapat menggunakan cairan alkoh0l 70% yang dapat kamu beli di apotik atau toko cairan bahan kimia. Biasanya cairan ini digunakan untuk membersihkan luka dan perawatan kecantikan.

Langkah langkah menggunakannya:

  1. Tuang secukupnya alkoh0l pada pakaian yang kena nota tinta
  2. Diamkan selama 15 menit
  3. Gunakan sikat gigi untuk menggosok tinta pada pakaian hingga tinta menghilang
  4. Rendam pakaian dengan detergen cair dan bilas hingga bersih

Nah, begitulah cara ampuh untuk menghilangkan tinta pulpen di baju putih dan kemeja dengan cepat. Jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal dan dengan segera, gunakan saja cairan inkraiser yang dapat kamu beli di toko online. Harganya bervariasi mulai dari 100 ribu – 150 ribu per botol.

 

Kanaya Putri
Profile penulis: Lulusan dari jurusan Akutansi di salah satu Universitas kota Yogyakarta. Namun, seorang pecinta kuliner dan memiliki hobi menulis dan travelling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.