Begini cara melakukan cek NIK Online. Mudah sekali.

Cara Mengecek NIK Kartu Keluarga Online [Mudah]

Diposting pada

NIK terdiri dari 16 digit angka. Masing masing angka tersebut memiliki makna dengan arti 2 digit kode provinsi, 2 digit kode kota/kabupaten, 2 digit kode kecamatan, 6 digit tanggal lahir dalam format hari, bulan dan tanggal serta 4 digit terakhir nomor urut registrasi yang dimulai dari angka 0001.

Secara umum, penulisan NIK disusun secara beruntun seperti 1905002107890004.

NIK biasanya dicantumkan dalam setiap dokumen kependudukan. Kemudian dijadikan sebagai sarana untuk menerbitkan KTP, surat izin mengemudi (SIM), paspor, nomor pokok wajib pajak, sertifikat hak kepemilikan tanah, polis asuransi dan sebagainya.

Bukan hanya itu saja, pada tahun 2017 silam hingga saat ini, pengguna sim card pada smartphone juga diwajibkan melakukan validasi registrasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga. Dengan perlakuan ini, seseorang hanya diizinkan menggunakan 3 kartu SIM untuk setiap provider.

Jika kamu sedang mengurus suatu keperluan dengan buru buru dan tidak mengetahui No induk kartu keluarga, maka ada cara lain yang dapat kamu lakukan yakni mengecek NIK kartu keluarga secara online.

Langkah langkah cek NIK online:

  1. Buka browser di laptop/PC/smartphone
  2. Gunakan kata kunci dikolom pencarian “cek NIK online kabupaten …“. Silahkan isi … dengan nama kabupaten tempat tinggal mu
  3. Selanjutnya kamu akan diminta menulis data pada kotak isian seperti no. NIK pada KTP, nama lengkap dan nama ibu kandung
  4. Data akan muncul di layar

Hampir semua Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil di seluruh kabupaten di Indonesia telah memiliki fasilitas untuk mengecek NIK secara online.

Jika kamu tidak menemukannya, itu bearti DUKCAPIL di daerahmu belum memiliki fasilitas tersebut.

Cobalah untuk melakukan konsultasi via WhatsApp pada no. yang tertera di laman website tersebut. Biasanya sebagian besar DUKCAPIL juga memiliki layanan online melalui aplikasi WhatsApp.

Jika tidak ada, mau tidak mau kamu harus menunda keperluan tersebut dengan cara mengambil surat No. kartu keluarga di rumah atau menanyakan langsung di kantor DUKCAPIL setempat dengan membawa bukti KTP.

Kanaya Putri
Profile penulis: Lulusan dari jurusan Akutansi di salah satu Universitas kota Yogyakarta. Namun, seorang pecinta kuliner dan memiliki hobi menulis dan travelling.

2 komentar.

  1. Bagaimana cara cek no kk yg hilang,dan bagaimama sy ingin tau no kk sy,apakah bisa mengeceknya dengan no nik ktp

    1. Redaksi Aogla Media Redaksi Aogla Media berkata:

      Sebaiknya untuk memudahkan proses pengecekan data, datang saja ke Kantor DUKCAPIL di daerah tempat tinggal Bapak dengan membawa KTP asli. Dengan begitu KK yang hilang akan diterbitkan ulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.