Begini Cara Merubah Word ke PDF Tanpa Software [Cuma 1 Menit]

Topik Bahasan

Ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan ketika merubah file word ke pdf. Diantaranya file pdf lebih aman dari serangan virus komputer, lebih mudah dan nyaman untuk di baca, tidak mudah di edit ketika seseorang membuat manual ebook dan sebagainya.

File pdf juga seringkali menjadi standar baku ketika seseorang hendak mengirim lamaran kerja melalui email. Bukan hanya itu saja, pdf juga telah menjadi extention wajib dalam urusan dunia perkantoran terutama dalam hal yang berhubungan dengan laporan kinerja.

Untuk mengubah file word doc, docx ke pdf sangatlah mudah.  Kita dapat melakukannya tanpa software sekalipun, hanya menggunakan aplikasi microsoft word itu sendiri.

Khususnya pengguna windows 7 ke atas windows 8, 10 dan 12. Fitur tersebut telah disediakan oleh microsoft, namanya pdf xps document.

Kita dapat melakukannya secara offline tanpa koneksi internet sama sekali. Bagaimana caranya ? Ikuti panduan di bawah ini.

1. Ubah word ke pdf melalui microsoft word

Sebelum menggunakan cara ini, pastikan kamu menggunakan versi windows 7 ke atas dan microsoft office seri 2007, 2010, 2013, 2016 atau 2019.

Langkah langkah:

  1. Buka file word yang ingin di convert ke pdf
    ubah word ke pdf
  2. Perhatikan di pojok kiri atas, pilih menu FileSave and Send
  3. Pilih Create PDF/XPS Document – Create PDF XPS
    Merubah word ke pdf tanpa software
  4. Pilih tempat penyimpanan File pdf
    Merubah doc ke pdf
  5. Pilih Publish
  6. Selesai dan seperti ini hasil convert word ke pdf menggunakan microsoft word
    Hasil Merubah doc ke pdf

Cara mengubah word ke pdf di atas lebih mudah dan cepat.

Jika pada microsoft word tidak memiliki fitur convert doc ke pdf, maka kamu dapat menginstall add-in microsoft save as pdf or xps.

Unduh filenya di sini.

Selanjutnya, install aplikasi di atas seperti biasa hingga proses selesai. File installan tadi akan menambahkan fitur word ke pdf di microsoft office secara automatis.

Lebih mudahnya lagi, langsung saja klik kanan di file yang ingin dirubah ke pdf dan pilih “Convert di Adobe PDF“. Seperti ini contohnya:

Hasil Merubah doc ke pdf

Namun, kamu harus menginstall software Adobe Acrobat X Pro atau versi XI.

Dengan software tersebut kita dapat mengubah file apa saja ke pdf, file gambar, html dan sebagainya. Bahkan kita dapat mengedit file pdf secara langsung tanpa harus merubah file ke word, poser point dan sebagainya.

2. Menggunakan tools online

Kita juga dapat menggunakan bantuan tools yang disediakan oleh berapa situs converter. Cara ini dapat kamu lakukan di hp atau smartphone sekalipun.

Langkah langkahnya:

  1. Buka browser
  2. Kunjungi situs https://www.ilovepdf.com
  3. Pilih file doc yang hendak di konversi ke pdf
    Convert word to pdf
  4. Lakukan proses konversi
    Pilih Conver to PDF
  5. Unduh file pdf
    Proses Converter doc ke pdf Selesai
  6. Simpan di folder penyimpanan
  7. Selesai

Saya sarankan sebaiknya menggunakan microsoft word atau software atau aplikasi berbasis offline untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana, cara mengubah file word ke pdf di atas cukup mudah di lakukan bukan ? Proses ini tak membutuhkan banyak waktu, hanya beberapa detik saja conversi word ke pdf dapat dilakukan dengan cepat.

Tinggalkan komentar