Tempat Wisata Curug di Bandung

10 Tempat Wisata Curug di Bandung Paling Terkenal & Mempesona

Jika kamu berencana untuk pergi liburan ke Jawa Barat, maka kami sarankan kamu untuk mengunjungi Kota Bandung terutama di wilayah bagian barat dan selatan. Mengapa ? Karena di tempat ini ada banyak sekali destinasi wisata paling terkenal dan indah mempesona yang dapat kamu nikmati.

Salah satu kawasan favorite yang seringkali di datangi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara adalah kawasan curug atau air terjun di Bandung Barat. Pastinya, jika kamu mengunjungi tempat ini akan menjadi sebuah momen tak terlupakan dalam hidupmu.

Sebagai referensi, inilah 10 tempat wisata curug di Bandung paling terkenal:

1. Curug Malela Bandung

Curug Malela merupakan salah satu wisata air terjun yang patut kamu kunjungi ketika berkunjung ke kabupaten Bandung Barat. Lokasinya berada di desa Cicadas. Ketinggian air terjun ini mencapai 60 meter dari atas permukaan tanah. Spesialnya dari objek wisata ini adalah terdapat 5 deretan aliran air yang jatuh dari atas bukit.

Jika musim penghujan, ada suatu larangan bahwa kamu tidak diperbolahkan berenang. Maka dari itu, datanglah ke sini ketika musim panas tiba atau sedang tidak hujan. Sehingga, kamu dapat berenang di air terjun begitu indah ini. Namun, tetap jagalah kewaspadaan.

2. Curug Putri Layung / Curug Layung

Curug Layung menjadi salah astu air terjun yang patut untuk kamu kunjungi. dimana anda bisa merasakan pemandangan alam begitu indah sekali. Curug Layung berlokasi tepat di Desa Kertawangi.

Panorama keindahan Curug Layung memiliki derasan air terjun cukup deras, namun dengan ketinggian rendah. Sehingga kamu dapat menikmati kesejukan air terjun Curug Putri Layang.

Di sini bukan cuma satu air terjun saja yang mengalir dari puncak perbukitan, tetapi ada banyak air terjun. Sehingga, kamu akan terhipnotis dengan keindahannya.

3. Curug Bugbrug

Lokasinya tak jauh dari Curug Layung, sebelum mengunjungi kawasan air terjun ini kamu disarankan untuk pergi ke Curug Layung. Karena lokasi Curug Bugbrug tepat setelah Curug Layung. Masih berada dalam kasawan yang sama yaitu Desa Ketawangi Bandung Barat.

Hanya ada 1 air terjun di sini dengan ketinggian sekitar 30 meter dari permukaan tanah. Di sini kamu dapat berenang sepuasnya. Namun, kamu harus izin terlebih dahulu dengan penjaga setempat. Selain itu, lokasi ini ada taman dan hamparan rumput hijau yang dapat kamu jadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahannya.

4. Curug Cimahi

Objek wisata curug di Bandung selanjunya adalah Curug Cimahi. Lokasinya berada di Jln Kolonel Masturi Desa Ketawangi Kecamanatan Cisarua Bandung Barat. Berdasarkan catatan data statistik pengunjung, Curug Cimahi setiap tahunnya mengalami peningkatan kunjungan oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Itu bearti, Curug Cimahi sudah terkenal dimana mana.

Ketinggian air terjun Curug Cimahi mencapai 80 meter dari permukaan tanah. Oleh karena itu, hempasan air yang jatuh dari puncak perbukitan menciptakan sebuah fenomena alam eksotis berupa butiran air setipis empun di sekitaran air terjun. Dari kejauhan, kamu akan melihatnya seperti awan.

Bukan hanya itu saja, di atas ketinggian bukit kamu dapat menikmati pemandangan Curug Cimahi dari sebuah rumah kayu dengan fasilitas kursi dan meja. Sangat layak kamu kunjungi.

5. Curug Citambur

Memang tak sebegitu populer dengan Curug Melela ataupun Cimahi. Namun, jika bicara soal keindahan maka tak jauh mempesonanya.

Lokasinya berada di perbatasan Ciwidey dan Kabupaten Cianjur Bandung. Dinamakan Curug Citambur hal ini dikarenakan ketinggian air terjun mencapai 130 meter. Dengan ketinggian tersebut, air yang jatuh ke bawah sangat deras dan terlihat seperti hamburan debu air serta mengeluarkan suara sangat kuat.

6. Curug Omas

Curuq Omas adalah wisata air terjun di Bandung yang dekat dengan wisata Curug Maribaya. Ketinggian air terjunnya mencapai 30 meter yang mengalir sangat deras melewati bebatuan karang.

Tidak jauh dari Curug Omas juga terdapat sebuah Jembatan yang bisa anda jalani dan melihat secara langsung Curug Omas dari ketinggian. Tentunya akan memberikan suatu pengalaman sangat menyenangkan.

7. Curug Dago

Selain dapat menikmati keindahan panorama alam, di sini kamu juga dapat melihat dua buah prasasti batu tulis berasal dari peninggalan sejarah Kerajaan Thailand di Indonesia pada tahun 1818.

Menurut ahli sejarah, kedua prasasti tersebut berasal dari peninggalan Raja Rama V (Raja Chulalonkom) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) yang pernah berkunjung ke Curug Dago. Prasasti tertulis dalam bahasa Thai. Kawasan wisata Curu Dago cukup sulit di jangkau, karena lokasinya di pedalaman Hutan tepatnya berada di kawasan Taman Hutan Raya (THR) Djuanda.

8. Curug Maribaya

Kawasan wisata air terjun yang satu ini telah banyak mengalami perubahan semenjak di kelola oleh pihak swasta. Tentunya semakin memiliki daya tarik untuk di kunjungi.

Pada dasarnya air terjun di Maribaya tidak setinggi Curug lainnya. Namun, karena jumlah air terjun yang lebih dari satu memberikan daya pikat bagi orang orang yang melihatnya. Udara ini sangat sejuk dan di sini kamu di perbolehkan untuk berenang serta mandi.

Selain menikmati keindahan Curug Maribaya, di sini kamu juga dapat menikmati fasilitas resort dan SPA, beragam kuliner, kolam rendam dan sebagainya. Pastinya jika kamu ingin merasakan kenikmatan ini, ada sebuah harga yang ditawarkan oleh pihak pengelola.

9. Curug Panganten

Lokasinya berada di daerah wisata alam Katumiri Desa Pada Asih Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Namanya begitu unik dikarenakan dalam satu area terdapat dua buah air terjun yang saling berhadapan bak sepasang pengantin sedag memadu asmara. Kabarnya pula, Curug Pengantin memiliki cerita cerita misteri dan mitos.

10. Curug Siliwangi

Berdasarkan cerita dari masyarakat setempat, Curug Siliwangi menyimpan kisah tentang kehidupan Sang Prabu Siliwangi. Selain itu adapula kisah tentang Curug Siliwangi, konon asal muasal terbentuknya air terjun tersebut berasal dari ketika Sang Prabu Siliwangi buang air kecil dari atas Gunung Reregan. Sehingga, berawal dari situlah air terjun ini dipercaya paling keramat di bandingkan Curug lainnya di Bandung.

Lokasinya berada di kawasan Bumi Perkemahan Gunung Puntang, tepatnya sekitar 3,5 Km dari arah sana. Namun, untuk mencapai ke lokasi tujuan puncak air terjun kamu harus melewati jalan setapak cukup terjal, menyusuri hutan dan menyebrang beberapa sungai tanpa jembatan.

Baca : wisata alam di kota bandung

Untuk ke lokasi, tidak disarankan pergi sendiri atau dalam jumlah sedikit. Pastikan kamu datang ke sini membawa rombongan. Paling tidak 8 atau 10 orang. Tidak diperkenankan pula pergi ke sana tanpa pendamping dari masyarakat setempat.

Selain itu, kamu di larang untuk merusak ataupun berbuat sesuatu yang menyimpang. Jaga sikap jika hendak datang ke sini. Dan disarankan tidak mengunjungi tempat ini dikala musim penghujan, karena air dapat sewaktu waktu deras ketika kamu menyebrangi sungai.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata Curug di Bandung yang paling terkenal dan layak kamu kunjungi. Dilain kesempatan, kamu akan mengulas destinasi wisata di daerah Bandung lainnya.

Redaksi Aogla Media
Aoglamedia merupakan media informasi, inspirasi dan motivasi berasal darI Bangka Belitung yang memiliki komitmen untuk menyajikan konten berkualitas dan kredible kepada publik dengan harapan menjadi media teroke (aogla).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.