Wisata Bandung Tangkuban Perahu

15 Tempat Wisata di Bandung dan Harga Tiket Masuk

Diposting pada

Khususnya bagi masyarakat yang bermukim di pusat Ibukota Jakarta dan sekitarnya sangatlah mudah mencari tempat destinasi wisata akhir pekan baik di dalam maupun luar kota. Contohnya saja yaitu Taman Mini Indonesia Indah, Ancol, hutan mangrov PIK dan sebagainya.

Selain itu, dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat Ibukota kamu dapat mengunjungi kota Bandung dengan akses melalui jalan tol Cipularang atau menggunakan jasa travel maupun kereta api.

Ada beragam wisata favorite di kota tersebut. Tentunya akan menghilangkan segalah penat dan kesuntukan kamu beaktivitas di kota.

Berikut ini 15 tempat wisata di bandung paling favorite dan layak kamu kunjungi antara lain:

1. Kebun Strawberry Ciwidey

Salah satu tempat wisata di Bandung selatan adalah Kebun Strawberry Ciwidey. Disini kamu dapat melihat seluasnya sejauh mata memandang hamparan strawberry. Bukan hanya itu saja, kamu dapat memakan buah tersebut di tempat dan diberikan kebebasan untuk memetik buah strawberry secara langsung dan. Nantinya akan ditimbang dan membayar sesuai hasil yang telah kamu petik.

Namun, tetap saja kamu harus menjaga dan mentaat aturan disana.

Destinasi wisata satu ini memang cocok untuk liburan, apalagi bersama keluarga dan membawa anak anak sebagai sarana edukasi.

Untuk mendapatkan kualitas strawberry terbaik, disarankan untuk datang pada saat musim kemarau. Tiket masuk kawasan ini gratis. Sedangkan harga buah strawberry per kilogram antara Rp 40.000,- hingga Rp 60.000,- per kilogram.

2. Kawah Putih Ciwidey

Lokasinya berada di daerah Ciwidey tepatnya sekitar 50 Km dari selatan Kota Bandung. Panorama kawasan ini dihiasi pemandangan alam pegunungan begitu indah. Salah satu kawasan favorite di sini adalah kah putih ciwidey.

Lokasi ini menjadi salah satu kawasan wisata di bandung paling favorite. Dinamakan kawah putih, pada dasarnya kawasan ini terdapat aktivitas gunung berapi. Terdapat sebuah kawasan dan jika dilihat airnya tampak bewarna putih akibat reaksi belerang dan unsur mineral lainnya.

Harga tiket masuk ke kawah putih ciwidey khusus untuk wisatawan dari Indonesia yaitu sebesar Rp 20.000,-, wisatawan asing sebesar Rp 50.000,-. Sedangkan jasa parkir Rp 5.000,- untuk roda dua dan Rp 25.000,- untuk roda empat.

Di kawasan ini kamu juga dapat melaksanakan prosesi foto prewedding. Semua keperluan telah disiapkan, mulai dari jasa foto dan fasilitas lainnya dengan harga berkisar Rp 500.000,- hingga Rp 800.000,-.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Sebuah gunung berapi aktif berada di sebelah utara Bandung. Dinamakan tangkuban perahu itu dikarenakan jika kita melihat gunung dari kejauhan atau dari udara, gunung ini bentuknya menyerupai perahu terbalik.

Di sini kamu dapat menikmati indahnya panorama alam dari ketinggian. Selain wisata alam, kamu juga dapat menikmati idahnya wisata legenda. Gunung ini sangat kental dengan legenda sangkuriang yang menendang perahu sampai terbalik karena keinginannya yang gagal untuk meminang Dayang Sumbi.

Tiket masuk gunung tangkuban perahu sebesar Rp 20.000,- untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp 60.000,-. Harga tiket terbaru tahun 2019.

4. Curug Dago

Keindahan panorama air terjun dago sangat indah mempesona. Layak dijadikan tempat wisata alam di bandung. Lokasinya di kecamatan Cobling, desa dago, Bandung.

Curug dago hanya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua saja karena kondisi jalan sempit dan hanya berupa jalan setapak. Namun, disepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi udara yang dingin, sejuk, pepohonan rindang dan sebagainya.

Untuk masuk kesana, kamu harus membayar kontribusi sebesar sebesar Rp 15.000 saja untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

5. Danau Situ Patenggang

Situ patenggang berada di daerah Ciwidey tak jauh dari kawah putih. Sehingga kamu dapat mengunjungi 2 objek wisata sekaligus. Di situ ini, pemandangannya sangat indah dan kamu dapat bermain perahui air untuk mengelilingi danau. Cocok untuk orang pacaran dan memadu kasih karena kesannya begitu romantis.

Tiket masuk ke situ patenggan cukup variatif. Wisatawan lokal pada hari libur dikenakan Rp 20.000,- per orang sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya masuk Rp 135.000,-.

Situ ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda 2 dan 4. Kamu harus membayar kontribusi parkir sebesar Rp 5.000,- untuk motor dan Rp Rp 15.000,- khusus mobil.

Baca : Wisata curug di bandung murah.

6. Kampung Gajah

Dinamakan kampung gajah bukan bearti dilokasi ini banyak gajahnya. Kampung gajah adalah nama lokasi daerah wisata di bandung yang terdiri dari ragam jenis wisata. Mulai dari wisata bermain, kuliner dan perbelanjaan. Lokasi kampung gajah berada di jalan Sersan Bajuri Km 3,8 Lembang, Bandung.

Pokoknya, jika kamu mengunjungi tempat ini ga bakalan menyesal. Hingga sekarang, tempat ini menjadi salah satu kawasan wisata favorite di Bandung.

Ada banyak fasilitas pendukung di sini, mulai dari restaurant ragam kuliner Bandung, fashion outlet, toko survernir, wahana bermain, waterboom dan sebagainya. Cocok untuk liburan akhir pekan.

Tiket masuk ke kampung gajah hanya Rp 15.000 per orang. Namun, ketika kamu memasuki tempat lain, maka kamu akan dikenakan tiket baru. Seperti untuk masuk ke wahana waterboom, kamu akan dikenakan biaya lagi sebesar Rp 100.000,- per orang.

7. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung merupakan museum berisikan barang – barang dari jaman kuno seperti fosil dinosaurus dan ragam jenis bebatuan. Tempat ini cocok sebagai tempat wisata pendidikan. Lokasi Museum Geologi Bandung berada didekat Gedung Sate, tepatnya di Jalan Diponegoro. Banyak hal yang dapat dipelajari oleh anak-anak di museum ini.

Harga Tiket Museum Geologi Bandung:

  • Pelajar atau Mahasiswa Rp 2.000
  • Wisatawan Domestik Rp 3.000
  • Wisatawan Asing Rp 10.000

Jam operasional museum geologi bandung dapat dikunjungi setiap hari mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Kecuali hari jum’at, museum akan tutup.

8. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung merupakan tempat wisata yang didalamnya terdapat banyak wahana permainan dan sarana Edukasi. Lokasinya sendiri berada di Trans Studio Mall Bandung. Trans Studio Bandung menawarkan harga tiket masuk Rp 150.000 untuk hari biasa dan untuk sabtu minggu sebesar Rp 250.000. Bagi anda yang berencana menginap, didekat Trans Studio Bandung juga terdapat dua hotel yang cukup nyaman.

9. Air Panas Ciater

Air Panas Ciater berlokasi tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. Air Panas Ciater merupakan kolam berisikan air belerang berasal dari salah satu kawah dikawasan Gunung Tangkuban Perahu. Selain baik bagi kesehatan, berendam di Air Panas Ciater juga dapat menghilangkan pegal pegal sehingga cocok bagi kamu setelah seharian mengelilingi tempat wisata di Bandung.

Biaya masuk ke kawasan ini sangat bervariasi. Tergantung lokasi tempat pemandian air panas. Pemandian sederhana dikenakan Rp 30.000,- per orang, sedangkan kolam air panas utama dikenakan tiket masuk Rp 80.000,- untuk semua wisatawan.

10. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo adalah tempat wisata bersifat edukasi. Karena di sini adalah tempat pergelaran seni budaya sunda terutama kesenian angklung. Biasa, pada saat liburan tiba saung angklung udjo sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain melihat pertunjukan, kamu bisa belajar menari. Bahkan, turis mancanegara dapat kamu temui sedang belajar seni tari di sini.

Selain kesenian angklung, di sini juga terdapat seni pertunjukan tari dari topeng dan helaran, gamelan serta kesenian wayang golek. Oya, lokasi saung angklung udjo berada di jln. padasuka no. 118 kota Bandung.

Harga tiket masuk saung angklung udjo:

  • Wisatawan Domestik 60.000
  • Wisatawan Mancanegara 100.000
  • Pelajar Domestik 40.000
  • Pelajar Mancanegara 60.000

11. Observatorium Bosscha

Bagi kamu yang suka dengan dunia antariksa, di obserbatorium kamu dapat melihat benda benda di luar angka dengan bantuan teleskop raksasa di Obserbatorium Bosscha. Wisata pendidikan ini sangat baik dikunjungi terutama di kalangan pelajar, lokasinya di sebalah utara pusat kota bandung.

Namun, jadwal kunjungan serta jumlah pengunjung harian di Observatorium Bosscha sangat di batasi dan terbagi menjadi beberapa sesi yaitu sekitar 150 orang perhari di hari jum’at dan sabtu. Sehingga, jika ingin ke sana kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Biaya masuk sangat murah meriah hanya Rp 20.000,00 per orang.

12. Pasar Baru

Jika kamu gemar berbelanjar, maka pasar baru di kota Bandung dapat kamu kunjungi. Di sini, ada beragam jenis pakaian dan assesories. Harga barang barang di pasar baru relatif murah dan dapat kamu tawar hingga deal. Pokoknya, kawasan ini mejadi surga perbelanjaan di kota Bandung. Tiket masuk gratis.

13. Kebun Binatang Bandung

Mengunjungi tempat ini asyiknya bersama dengan anak anak. Karena kita dapat mengenali ragam jenis binatang kepada si anak sekaligus menjadi sarana rekriasi di kala akhir pekan. Lokasi kebun binatang bandung tak jauh dari Kampus ITB.

Tike masuk kebun binatang Bandung tahun 2019:

  • Tiket Harga/Orang ( Rp ) Keterangan
  • Perorangan 40.000 Usia < 3 Thn Gratis
  • Rombongan 32.509 Minimal 30 Peserta

14. Paskal Food Market

Jika kamu hobi makan, di paskal food market adalah tempatnya. Wisata kuliner di bandung yang satu ini menawarkan beragam jenis makanan dan minuman. Lokasinya tak jauh dari pusat kota yaitu terletak di jalan pasir kaliki.

Tiket masuk ke kawasan ini gratis. Namun, kamu harus bawa uang untuk mengunjungi ke sini. Khususnya di akhir pekan, tempat ini ramai sekali di kunjungi terutama dikalangan oleh muda mudi.

15. Wisata Alam Maribaya Lembang Bandung

Kawasan wisata kota bandung yang sangat terkenal selanjutnya yaitu air terjun Maribaya. Di sini kamu akan disuguhi sebuah pemandangan eksotis dari keindahan air terjun dan bebatuan besar menjulang ke langit. Selain itu, suasana dan udara di sini sangat bersih.

Baca : wisata alam di bandung murah.

Harga tiket masuk ke air terjun maribaya lembang bandung adalah Rp 35.000,- per orang.

Untuk mencapai air terjun, kamu harus melewati jalan setapak yang telah disediakan. Nah, diantara jalan setapak tersebut, kamu akan melihat beberapa air terjun kecil. Selain, menikmati keindahan alamnya, di sini juga terdapat wisata kuliner dan pemandian air panas.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai tempat tempat wisata di bandung paling favorite yang dapat kamu kunjungi ketika memasuki masa liburan di akhir pekan. Sebenarnya, masih ada banyak lagi. Dilain waktu, kami akan memperbaharui daftar ini.

Redaksi Aogla Media
Aoglamedia merupakan media informasi, inspirasi dan motivasi berasal darI Bangka Belitung yang memiliki komitmen untuk menyajikan konten berkualitas dan kredible kepada publik dengan harapan menjadi media teroke (aogla).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.