4 Hal Yang Akan Terjadi Jika Inode Penuh, Salah satunya SUSPEND

Terkadang, menggunakan layanan web hosting dengan batasan inode membuat rasa kuatir dan berusaha sebisa mungkin agar batasan inode yang diberikan oleh provider web hosting tidak melebihi kapasitas.

Pada umumnya, web hosting dengan batasan inode hanya akan ditemukan pada layanan hosting unlimited.

Khususnya bagi pengguna CMS wordpress, permasalahan yang seringkali dialami adalah file gambar di hosting dengan jumlahnya sangat banyak. File gambar tersebut dengan beragam dimensi ukuran gambar menjadi salah satu penyebab batasan inode menipis.

Penting untuk di baca: cara mengurangi jumlah inode.

Belum lagi ditambah dengan file lainnya, seperti file thema, plugin, temporary, backup, file CMS, javascript, PHP, text dan sebagainya.

Apa yang terjadi jika inode hosting penuh ?

Sebelum batasan inode kamu habis, katakanlah hampir habis misalnya tersisa 15 %, pihak provider layanan web hosting pada umumnya akan memberikan notifikasi email sebagai tanda peringatan. Dalam pesan tersebut, memberitahukan inode kamu hampir habis dan segera lakukan upgrade ke layanan paket hosting yang lebih tinggi.

Namun, jika pesan tersebut kamu abaikan hingga inode penuh maka inilah yang akan terjadi:

1. Fitur backup otomatis dihentikan

Mengingat inode terdiri dari banyaknya file dan folder di dalam hosting. Jika penuh tentu saja kita tidak dapat membuat, mengupload dan menambah file di dalam hosting. Akibatnya sistem tidak dapat melakukan backup data secara otomatis karena tidak ada lagi ruang inode yang tersisa.

2. Website eror kode 408, 416 dan sebagainya

Mengapa terjadi eror ? Hal ini dikarenakan web tidak dapat membuat file temporary di dalam hosting. Beragam kode eror biasanya akan terjadi. Jika kamu menggunakan plugin cache, masalah yang sama pun akan terjadi.

3. Penghapusan data tanpa pemberitahuan

Kebijakan provider web hosting terkait akan hal ini berbeda beda, salah satunya pihak provider hosting memiliki hak untuk menghapus data yang ada dihosting kamu tanpa pemberitahuan.

Hal ini akan terjadi jika kamu mengabaikan notifikasi peringatan untuk mengupgrade ke layanan lebih tinggi.

Tentu saja hal ini sangat berdampak buruk pada performa, tampilan dan kinerja situs kamu secara keseluruhan. Karena kita tidak mengetahui file mana yang dihapus.

Jika file gambar yang terhapus, maka website kamu tidak menampilkan gambar. Jika ada file penting seperti javasript, CSS dan sebagainya, sudah pasti situs kamu akan eror.

4. Akun hosting di suspend

Penangguhan akun akan terjadi jika inode telah penuh.

Namun kembali lagi, setiap provider web hosting memberikan kebijakan berbeda beda. Jika penangguhan akun terjadi disebabkan inode penuh, maka untuk mengaktifkannya lagi kamu harus meningkatkan layanan situs ke paket lebih tinggi.

Itulah beberapa hal yang akan terjadi jika inode pada hosting penuh.

Ketika inode di hosting kamu mendekati habis, sebaiknya segera melakukan penelusuran dan mencari penyebab kenapa inode mengalami pembengkakan. Diantara solusinya, kamu dapat membaca tautan pada link di atas.

Atau jika kamu tidak ingin ribet, upgrade saja akun hostingmu ke paket lebih tinggi. Secara otomatis, inode hostingmu akan bertambah.

Tinggalkan komentar