Cara Backup Seluruh Artikel Postingan di WordPress

Proses backup artikel di wordpress biasanya dilakukan untuk mencegah kehilangan data berupa content artikel apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti akibat dari pemindahan data center dari pihak server, proses upgrade hosting dan sebagainya.

Akan tetapi, masalah ini jarang sekali terjadi. Namun, tak ada salahnya untuk berjaga jaga upaya tersebut kita lakukan.

Kegunaan lainnya dari proses backup ini adalah untuk memudahkan pemindahan content dari jaringan local host ke blog kamu.

Jadi, jika kamu pernah menulis di jaringan local host menggunakan CMS wordpress kemudian hanya ingin memindahkan seluruh artikel termasuk dengan gambar, maka kamu dapat memanfaatkan fitur ini.

Cara ini memang sangat sederhana hanya melakukan backup secara local bukan keseluruhan isi content blog. Namun, cukup membantu dalam hal yang telah disebutkan di atas.

Langkah langkah :

  1. Login ke blog wordpress
  2. Cari menu di sisi kiri bertuliskan perkakas – eskpor
  3. Pilih content mana yang hendak kamu backup, pilih semua untuk membackup content semuanya (termasuk gambar, laman, table dan sebaainya)
  4. Klik unduh berkas ekspor
  5. Simpan
Cara Backup Seluruh Artikel Postingan di Wordparess
Hasil Backup Artikel di WordPress

Proses backup artikel di wp ini sangat cepat. Besar kecilnya ukuran data backup tergantung dari jumlah artikel, gambar dan sebagainya yang ada di blog wordpress milikmu. Hasil backup akan berupa file xml.

File ini dapat kamu restore ke blog wordpress manapun atau cukup disimpan untuk berjaga jaga apabila sesuatu hal terjadi pada blog wordpress milikmu dikemudian hari.

Sebaiknya proses backup artikel ini kamu lakukan secara berkala, misalnya 3 minggu sekali, 1 bulan sekali dan sesuai keinginanmu.

Tinggalkan komentar