Cara Mengatasi Tombol Log Masuk WordPress Tidak Berfungsi

Topik Bahasan

3 hari yang lalu saya mengalami kendala dengan tombol log masuk di wordpress tidak bisa diakses atau tidak berfungsi, alhasil sy tidak bisa masuk dasboard wordpress. Sempat membuat diriku terheran heran dan terkejoed. Ada apakah gerangan yang menyebabkan masalah ini ?

Kejadian itu terjadi ketika di waktu pagi subuh saya ingin melakukan update artikel. Padahal di waktu malamnya tidak ada masalah sama sekali, masih lancar jaya membuka laman wp admin atau dasboard wordpress.

Berfikir sejenak, apakah yang telah saya lakukan ?

Kok tiba tiba tombol login wordpress tidak bisa di akses sama sekali.

Penyebab tombol log masuk wordpress tidak bisa diakses

Akhirnya saya ingat, semalam saya baru saja melakukan update plugin wordpress, plugin security untuk meningkatkan keamanan wordpress.

Mungkin plugin inilah yang menjadi biang kerok utama.

Langsung saja saya menuju ke TKP, membuka laman cPanel hosting dan menonaktifkan plugin wordfence. Kemudian, saya coba login kembali.

Mantap jiwa.. akhirnya saya tombol log masuk telah berfungsi secara normal dan saya berhasil masuk ke dasboard wordpress. Ternyata, pelaku utamanya adalah plugin wordfence yang menyebabkan masalah ini. Kemudian, saya mengaktifkan kembali plugin tersebut.

Namun, kejadian serupa menimpa blog saya lagi. “Tombol log masuk wordpress tidak berfungsi kembali“.  “Kampret” bener dalam hati saya. Akhirnya saya melakukan cara yang sama.

Tetapi masalahnya, masak sih kalau mau masuk dasboard wordpress harus buka cPanel dan menonaktifkan plugin wordfence terlebih dahulu ? Ribet amat sih..

Solusi untuk mengatasinya

Akhirnya, saya menemukan masalahnya yakni pada pengaturan security login pada plugin wordfence. Kemudian, saya menonaktifkan hanya untuk fitur ini saja yaitu fitur recaptha.

Bagaimana cara saya melakukannya ?

Ikuti langkah langkah berikut:

  1. Untuk menonaktifkan plugin, masuk ke cPanel dan root domain – public_html – wp content – plugins
  2. Cari plugin wordfence, kemudian rename plugin tersebut. Misalnya, merubahnya menjadi wordfencex
  3. Refresh kembali laman login situs
  4. Masukkan sandi dan password situs dengan benar dan login ke dasboard
  5. Kembali ke cPanel, ubah nama wordfencex ke seperti sediakala
  6. Aktifkan plugin wordfence melalui dasboard wordpress
  7. Masuk ke menu pengaturan log security pada plugin wordfence
    Pengaturan Log Security Wordfence
  8. Pilih deactive
    Pengaturan Log Security di WordPress
  9. Aktifkan kembali fitur login security
  10. Scan barcode nya menggunakan aplikasi autentication di android. Dapatkan 6 digit code nya. Input kode di plugin wordfence pada kotak yang telah disediakan
    Scan Barcode Plugin Wordfence
  11. Simpan

Masalah ini muncul dikarenakan saya mengaktifkan fitur authentikasi 2 langkah. Untuk masuk ke dasboard wordpress, ada serangkaian keamanan yang harus dijalani. Misalnya, kesalahan login 3 kali situs saya akan otomatis memblokir IP terkait dan sebagainya.

Semoga tutorial ini dapat memberikan solusi dari permasalahan yang sedang kamu hadapi terkait degan tombol login wordpress tidak berfungsi.

Tinggalkan komentar